Mohon tunggu...
Brigitta Raras
Brigitta Raras Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi

80% terdiri dari caffeine

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Kenali Perbedaan Jurnalisme Online dan Jurnalisme Multimedia Beserta Penerapannya

17 September 2021   21:55 Diperbarui: 17 September 2021   21:59 309 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi berita daring | Unsplash/Obi Onyeador

Seiring dengan perkembangan dan perubahan yang terjadi dari berbagai aspek menjadikan kebiasaan serta perilaku masyarakat juga berubah. Kehadiran internet di dunia melahirkan berbagai media baru bagi manusia untuk menerima dan mengirim informasi. 

Beragam media baru yang hadir melalui berbagai platform dan website ini turut menemani keseharian kita. Dulu, jika kita ingin mencari informasi atau berita harus membaca koran atau menunggu siaran berita di televisi terlebih dahulu. 

Namun, aktivitas mencari dan menerima informasi dapat dibilang sudah berubah. Hanya dengan satu gawai yang terkoneksi dengan internet, kalian sudah dapat untuk mencari, menerima bahkan mengirim informasi. 

Kehadiran ini tentunya tak lepas dari aktivitas jurnalisme online dan jurnalisme multimedia. Sesuainya dengan namanya online yang berarti  daring, pastinya jurnalisme online dimediasi oleh internet.

Begitupun dengan jurnalisme multimedia yang juga diakses melalui jaringan internet. Meskipun keduanya berbasis dalam jaringan, faktanya keduanya berbeda. Kira-kira elemen apa saja yang menjadikan jurnalisme online dan jurnalisme multimedia ini berbeda? 

Artikel ini akan mengulas mengenai jurnalisme online dan jurnalisme multimedia, mulai dari pengertian, karakteristik hingga melihat penerapannya dalam media. Yuk, simak ulasannya berikut! 

Jurnalisme online 

Ilustrasi berita daring | Unsplash/Tech Daily
Ilustrasi berita daring | Unsplash/Tech Daily

Jurnalisme online merupakan kegiatan jurnalistik yang dilakukan secara online atau melalui jaringan internet. Jurnalistik tentunya dipahami sebagai proses peliputan, penulisan dan penyebaran informasi secara aktual atau berita melalui media massa.

Jurnalisme online menyalurkan berita melalui website atau situs yang terhubung dengan internet. Terdapat beberapa keuntungan dan karakteristik dari jurnalisme online,diantaranya:

  1. Audiens akan leluasa dalam memilih berita apa yang mereka baca dan inginkan.
  2. Berita mampu untuk berdiri sendiri, sehingga audiens tidak harus membacanya secara berurutan. 
  3. Berita dapat disimpan dan diakses kembali dengan mudah. 
  4. Memungkinkan untuk menayangkan jumlah berita yang lengkap. 
  5. Berita dapat disampaikan secara cepat kepada audiens.
  6. Dapat menyediakan teks, gambar, suara video atau komponen lain dalam berita. 
  7. Menghadirkan partisipasi audiens dalam setiap berita. 

Selain karakteristik di atas, kelebihan dari jurnalisme online juga terdapatnya elemen untuk menavigasikan related links atau tautan terkait. Related links  biasanya digunakan untuk merujuk dan memperkaya pembahasan atau informasi terkait. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan