Mohon tunggu...
Barantum
Barantum Mohon Tunggu... Konsultan - Profil Bisnis

Software Developer Spesialis CRM dan Call Center berbasis Cloud, dengan visi memajukan Pertumbuhan Bisnis di Indonesia dengan memaksimalkan kinerja SDM Penjualan melalui metode pendekatan kebutuhan Pelanggan.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Call Center yang Wajib Kamu Tahu

29 Agustus 2022   16:37 Diperbarui: 29 Agustus 2022   16:57 244
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Call Center (Sumber: freepik.com)

Sebagai seorang call center, Anda bertugas untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan pelanggan terkait informasi produk/jasa yang mereka pakai.

Anda adalah sumber informasi utama mereka dan orang yang akan mereka hubungi begitu mereka memiliki masalah atau pertanyaan apapun mengenai informasi produk/jasa perusahaan.

Karena hal itu, Anda dituntut untuk memiliki pemahaman yang dalam mengenai flow business perusahaan maupun tentang produk yang dimiliki perusahaan (product knowledge).

Lalu, apa saja tugas dan tanggung jawab dari seorang call center?

Berikut ini tugas dan tanggung jawab utama yang dimiliki oleh seorang call center:

1. Memberikan informasi detail produk/jasa

Agen call center perlu mengetahui produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tempatnya bekerja. Hal tersebut berguna untuk menyampaikan informasi kepada pelanggan sehingga pelanggan puas menerima informasi yang disampaikan.

Kepuasan pelanggan inilah yang umumnya dapat meningkatkan rating perusahaan di mata pelanggan. Maksudnya, semakin banyak pelanggan yang puas terhadap pelayanan dan informasi yang diberikan, semakin meningkat pulalah pelanggan potensial di perusahaan Anda.

2. Memberikan solusi terkait kendala atau pertanyaan pelanggan

Tak jarang tiap harinya agen call center menerima pertanyaan, baik terkait produk atau jasa maupun kendala yang mereka hadapi.

Oleh sebab itu, agen call center berperan untuk memberikan solusi dan cepat tanggap terkait pertanyaan atau kendala pelanggan. Hal tersebut perlu didukung oleh cara komunikasi yang baik dari agen call center Anda. Tak hanya itu, kesabaran dan ketelatenan pun perlu dimiliki agen call center karena perlu menghadapi pelanggan yang memiliki karakter berbeda-beda.

3. Melakukan penjualan

Tidak hanya sekadar menjawab dan memberikan informasi kepada pelanggan saja. Melainkan agen call center bertugas dan bertanggung jawab pula untuk melakukan penjualan kepada pelanggan. Umumnya, agen call center memberikan penjelasan produk atau jasa dengan tujuan pelanggan dapat membelinya.

Melakukan penjualan akan lebih maksimal jika agen call center mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan. Dengan begitu, mereka dapat menawarkan promosi sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Untuk mengetahui kebutuhan pelanggan, Anda bisa menggunakan sebuah sistem bernama CRM yang mampu mencatat seluruh riwayat aktivitas pelanggan sehingga Anda mampu menganalisis apa saja kebutuhan mereka (pelanggan).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun