Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - *

Sudah menulis 2.165 artikel berbagai kategori (Fiksiana yang terbanyak) hingga 18-05-2022 dengan 1.626 highlight, 13 headline, dan 84.208 poin. Menulis di Kompasiana sejak 1 Desember 2018. (Masuk Kategori 20 Kompasianer Teraktif di Kaleidoskop Kompasiana selama 3 periode: 2019, 2020, dan 2021)

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Komunitas RTC dan Karya Fiksiana yang Kucinta

29 Desember 2021   14:36 Diperbarui: 29 Desember 2021   15:06 181 21 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dokpri Kompasianer Wahyu Sapta

Komunitas kedua di Kompasiana yang saya ikuti adalah RTC atau Rumpies The Club. Saya lupa kapan saya pertama kali mengenal RTC. Yang jelas saya ingat kalau tergabung di media sosial RTC di facebook.

Sebagai fiksianer, saya tergolong tak hanya aktif namun super aktif membagikan link puisi dan karya fiksi lainnya di RTC. Tahun 2020 menjadi moment penting karena saya mengenal komunitas di Kompasiana tak hanya KPB.

Rekan-rekan di RTC yang sering berkomunikasi dengan saya secara pribadi adalah mbak Wahyu Sapta. Seringkali saya bertanya pada mbak Wahyu berkaitan dengan event RTC. Bahkan ketika event diadakan di medsos RTC, saya juga ikuti.

RTC menjadi komunitas khas yang mempunyai group di FB dan saya tergabung di dalamnya. Saya senang kalau group FB RTC memberi kesempatan pada saya untuk share link puisi dan cerpen karya pribadi.

Dokumen Mbak Wahyu Sapta
Dokumen Mbak Wahyu Sapta
Saya senang sekali ada Kak Fitri Manalu yang juga aktif mengomentari karya saya di FB group tersebut. Oya, saya pernah dapat kenangan buku cantik dari RTC loh. Judulnya Aku Belum Lupa Cara Berbahagia.

Ketika saya postingkan buku tersebut di medsos saya, seorang teman ingin mempunyai juga. Katanya judulnya menarik. Saya langsung menghubungi mbak Wahyu. Untung ada 1 buku lagi yang akhirnya menjadi koleksi buku teman saya.

Dokumen RTC
Dokumen RTC
Tahun 2021, RTC kemudian mengganti nama menjadi Rumah Pena Inspirasi Sahabat. Saya sempat menanyakan pada Mbak Wahyu. Apa beda RTC dengan nama barunya? Mbak Wahyu menjelaskan bahwa ini untuk mengembangkan ruang jangkauan RTC tak hanya di genre fiksi saja tapi juga kategori lainnya yang berkaitan dengan literasi.

Apapun itu, dalam hati saya Rumah Pena Inspirasi Sahabat masih tetap RTC yang sama. Komunitas di Kompasiana yang saya kenal pertama kali di genre fiksiana. Memberi wadah bagi saya sebagai fiksianer. Terima kasih banyak RTC untuk kesempatan bergabung sebagai member di komunitas ini ya.

Saya juga sangat bahagia ketika akhirnya diijinkan tetap ikut event bincang buku bersama Joko Pinurbo. Saya bahkan menuliskan ilmu yang saya dapat setelah mengikuti event RTC tersebut. Tetap menginspirasi ya Komunitas Rumah Pena Inspirasi Sahabat.

Salam fiksiana
....

Written by Ari Budiyanti
29 Desember 2021

72-1.943

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan