Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - 🌸

Akhirnya sudah 2.000 artikel di Kompasiana. Menulis sejak 1 Desember 2018 - 29 Januari 2022. Maturnuwun Gusti

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Dunia Literasi, KBBI, dan Karya Puisi

1 November 2021   06:06 Diperbarui: 1 November 2021   08:51 253 22 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber foto: Brainpulse via tekhnologi.id


Bulan Bahasa sudah berlalu. Kita bersama memperingatinya setiap bulan Oktober. Selain itu Hari Sumpah Pemuda juga diperingati di bulan yang sama, tepatnya 28 Oktober 2021.

Saya sempat menuliskan artikel pada Hari Sumpah Pemuda berkaitan dengan melestarikan Bahasa Indonesia melalui karya puisi. Dengan merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, saya mengambil beberapa kosakata untuk dijadikan puisi.

Sampai tanggal 28 Oktober 2021, saya sudah membuat lima puisi. Setelah itu, saya masih melanjutkannya dengan 7 puisi lainnya yang tayang di akun pribadi saya. Jadi ada 12 puisi yang tayang dengan tema kosakata dari KBBI dalam rangka memperingati Bulan Bahasa.

Selain itu saya jiga mengirimkan 1 puisi untuk tayang di akun komunitas Inspirasiana. Jadi ada 13 karya puisi bulan bahasa. Tepat dengan usia Kompasiana yaitu 13 tahun di bulan Oktober lalu.

Meski tidak ada puisi saya yang dilabel sebagai artikel utama oleh admin Kompasiana, ini memberikan keunikan tersendiri karena total pencapaian saya selama jelang 3 tahun menulis di sini mendapat 13 label Artikel Utama dari admin.

Seru juga ya ada 3 angka 13 di bulan Oktober. Berikut cara memaknainya13 tahun Kompasiana, 13 artikel utama, dan 13 puisi bulan bahasa. Tripel 13. Banyak angka 13 saya tuliskan pada artikel ini.

Seperti dipas-paskan saja sama saya atau ini berbau mistis? Oopps, tidak begitu koq, saya hanya bercanda.

Di awal bulan November 2021, saya ingin merangkumkan 13 judul puisi dalam 1 artikel yang saya anggit di bulan bahasa. Sebelumnya saya berikan judulnya terlebih dahulu ya. Nanti saya akan berikan juga makna dari masing-masing kata.

13 puisi di bulan bahasa dan ultah Kompasiana ke-13 adalah:
1.   Adiwidia tentang Alam
2.   Selasar Pagi
3.   Bentala Malam
4.   Insan Bumi yang Candala
5.   Genta Rindu Sang Pujangga
6.   Jenggala yang Terbengkalai
7.   Selimut Ketaksaan
8.   Niskala
9.   Pribadi yang Sangkil
10. Merenda Karya yang Mangkus
11. Ranum Buah yang Didamba
12. Cenangga
13. Wanodya yang Jatmika

Puisi pertama yang saya buat dalam rangka bulan bahasa dengan kata adiwidia saya berikan pada komunitas Inspirasiana untuk tayang di sana. Adiwidia artinya pengetahuan yang paling tinggi.

Saya menggambarkan sedikit tentang alam semesta. Satu-satunya yang memahami dengan pengetahuan tertinggi tentang alam adalah Tuhan Sang Pencipta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan