Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Lehrerin

Sudah menulis 2.780 artikel berbagai kategori (Fiksiana yang terbanyak) hingga 24-04-2024 dengan 2.172 highlight, 17 headline, dan 106.868 poin. Menulis di Kompasiana sejak 1 Desember 2018. Nomine Best in Fiction 2023. Masuk Kategori Kompasianer Teraktif di Kaleidoskop Kompasiana selama 4 periode: 2019, 2020, 2021, dan 2022. Salah satu tulisan masuk kategori Artikel Pilihan Terfavorit 2023. Salam literasi 💖 Just love writing 💖

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Yuk, Manfaatkan Media Sosial Secara Positif untuk Kegiatan Literasi

14 November 2020   19:49 Diperbarui: 15 November 2020   08:36 321
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber foto: unsplash.com/@nickmorrison

 

November 2020 menjadi catatan pertama dalam sejarah literasi saya di Kompasiana. Apa itu? Artikel saya yang didominasi karya fiksi, mendapatkan penghargaan K-Rewards dari Kompasiana dengan jumlah terbesar dibandingkan perolehan saya dengan bulan-bulan sebelumnya. Bahkan yang lebih mengejutkan lagi, saya masuk 25 besar peraih K-Rewards di bulan November.

Wah, apakah lebay ya kalau saya mendadak senang sekali dan menuliskannya di artikel ini? Ah, sudah biarlah. Saya hanya ingin berbagi rasa bahagia bersama pembaca. Walaupun K-Rewards bukan menjadi tujuan utama saya menulis di Kompasiana, namun kalau saya mendapatkannya, ya tetap saja ada rasa senang. Saya rajin membagikan artikel saya di beberapa media sosial.

Kembali ke tujuan awal penulisan artikel ini seperti dalam judul di atas ya. Saya ingin bercerita sedikit mengenai beberapa hal yang saya lakukan akhir-akhir ini di media sosial yang saya miliki. Ada berbagai macam media sosial yang saya gunakan, diantaranya adalah facebook, line, instagram, tweeter, linkedin, dan whatshapp. Saya juga menggunakan youtube untuk mempublikasikan video karya saya.

Mari kita gunakan akun media sosial untuk berbagi literasi.

1. Youtube

Ada beberapa video buatan teman yang saya unggah di youtube saya atas seijin pembuat video, karena isinya musikalisasi puisi karya saya. Jadi semacam kolaberasi. Nah ini salah satu penggunaan media sosial yang positif bukan? Berkolaberasi dengan teman untuk musikalisasi puisi dan memperkaya literasi anak negri. Bagaimana dengan Anda?

2. Facebook

Berikutnya, saya akan menceritakan mengenai penggunaan facebook. Saya sudah lama menggunakan facebook. Namun sejak saya bergabung menulis di Kompasiana, saya mengalihkan fungsi facebook saya untuk membagikan tulisan-tulisan yang saya tulis di Kompasiana.

Saya bergabung dengan beberapa group penulisan di facebook. Ada beragam jenis group yang terbentuk di facebook. Banyak juga kompasianer yang membentuk komunitas dan membuat group facebook. Mulai dari group karya fiksi, kuliner, travel dan juga tulisan kategori bebas atau umum.

Maaf ya, saya tidak akan menyebutkan di artikel saya nama group facebook tersebut. Jika Anda merasa perlu informasi, bisa coba deh cari-cari di FB. Saya membagikan karya saya selain di facebook pribadi, juga ke group-group tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun