Mohon tunggu...
Anthony Dio Martin
Anthony Dio Martin Mohon Tunggu... WISE (Writer, Inspirator, Speaker, Entepreneur), CEO HR Excellency - MWS Indonesia, Penulis 18 Buku, Ahli Psikologi, Profesional Coach

Anthony Dio Martin, WISE (writer, inspirator, speaker dan entepreneur) dan juga ICF certified executive coach, yang dijuluki "The Best EQ Trainer Indonesia". Beliau penulis 18 buku dan lebih dari 25 CDAudio. Salah satu bukunya menerima penghargaan MURI. Beliau pernah memandu beberapa program motivasi di TV kabel, saat ini punya siaran rutin program radio “Smart Emotion” di SmartFM. Youtube: anthony dio martin official IG: anthonydiomartin Kontak & info: 021-3518505 atau 3862521 atau email: info@hrexcellency.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Low EQ Person: 10 Tanda Orang yang Rendah Kecerdasan Emosinya

26 Oktober 2020   05:58 Diperbarui: 26 Oktober 2020   06:02 2629 17 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Low EQ Person: 10 Tanda Orang yang Rendah Kecerdasan Emosinya
ilustrasi pribadi

"Dia pinter sih, tapi ya itu orangnya nyebelin banget!"

"Orangnya cerdas, tapi nggak bisa diajak kerjasama!" 

Sering banget kita mendengar hal itu. Orang yang IQ-nya bagus tapi EQ-nya bermasalah. Karena itu artikel kita kali ini membahas orang yang rendah Kecerdasan Emosi-nya, atau EQ-nya.

So, bagaimanakah orang yang Low EQ itu? Seperti apa sih orangnya?

Ya maksudnya kita seringkali bertemu dengan mereka yang sungguh pinter, cerdas tapi jadi sumber masalah. Dan problemnya, mereka tuh nggak sadar dengan sikap dan perilakunya.

Bahkan konon, ini juga pernah terjadi pada orang-orang pintar seperti Bill Gates, dimana dulu ia pernah berkata "Dengan semakin bertambahnya usia saya, saya melihat bagaimana temperamentalnya saya dulu". 

Itu dulu. Tapi, toh orang akhornya bisa berubah. Begitu juga dengan kisahnya Steve Jobs. Sampai-sampai ia pernah ditendang keluar dari perusahaan yang dibangunnya sendiri. 

Bahkan, di Insead, juga ada kosah tentang seorang profesor tang bertobat dan mengajari para eksekutif bersikap lebih baik, karena, "Saya tidak ingin mahasiswa saya menjadi eksekutif pintar tapi nyebelin seperti yang menjadi sifat saya dulu!"

So, singkat kata apa saja sih 10 ciri dan tanda orang tang rendah Kecerdasan Emosionalnya itu?

1.Kosa kata emosinya terbatas. 

Kenapa ini penting? Alasannya, kosa kata emosi menunjukkan seberapa pekanya kita dengan apa yang kita maupun yang orang lain alami! Masalahnta, ada orang yang sangat terbatas kosa kata emosinya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x