Mohon tunggu...
Andi Samsu Rijal
Andi Samsu Rijal Mohon Tunggu... Dosen - Peneliti Bahasa dan Budaya

Seorang Ayah; Pencinta Buku

Selanjutnya

Tutup

Puisi

Puisi: Bertanya ke Tubuh

14 Maret 2023   06:32 Diperbarui: 14 Maret 2023   07:30 119
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto di hutan kota Maros,inframe @muthaminnah, dokpri.

Pernahkah kita sekali saja bertanya kepada tubuh, kau ingin makan apa, 

Aku dengar, teriakan dalam usus hingga menggelitik ke nafasku,

aku dengar, nafasku terseok-seok hingga memanggil hidung, memanggil tangan, kaki

lalu bertanya balik ke diriku, apa maumu? tidak kah kau lelah, katanya tanpa ragu.

kau mau apa? tidakkah kau sudah miliki meski sedikit saja, tapi itu ada dari pada sesuatu yang tak pernah ada.

Tuhan tidak sedang bercanda memberi kau jalan, tapi bukan jalan lebar, apalagi untuk kau miliki

aku lelah kata kaki, terlihat dari matanya yang tersipu, aku ingin rebahan kata punggung, yang sudah kemarin memikul beban

aku rapuh, kata gigi yang tak mampu memakan daging dan tulang penuh kalsium itu.

aku mulai rabun, kata mata yang selalu saja memerah di awal dan di akhir malam

aku bising, kata telinga yang belum pernah mendengar suara-suara burung di hutan 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun