Lihat ke Halaman Asli

Fahrul Rizal bin Iskandar

Peminat Sejarah Kuno

Keindahan Kubah Emas di Tengah Paru-paru Dunia

Diperbarui: 19 Maret 2019   07:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Instagram.com/irani_john_kapoor

Siapa yang tak pernah mendengar tentang Taman Nasional Gunung Leuser? Ya, itulah salah satu tempat dimana satwa liar seperti Gajah, Badak, Harimau Sumatera, dan Orangutan masih hidup bersama. Bahkan kabarnya Direktur Program Konservasi Orangutan Sumatera, Dr. Ian Singleton mengatakan bahwa bila Hutan Amazon Amerika Selatan disana telah dilabeli sebagai paru paru dunia maka Ekosistem Leuser sepatutnya dijuluki sebagai jantung dunia.

Instagram.com/kutacane.acehtenggara

Kutacane dahulunya sebelum menjadi ibukota kabupaten hanya merupakan sebuah desa kecil di pedalaman wilayah Kesultanan Aceh hingga awal abad 20. 

Namun kegigihan para penghulu untuk mempertahankan kehormatan dan kemerdekaan mereka yang sedang terancam selama Perang Aceh-Belanda, telah memaksa Van Daalen selaku Panglima Ekspedisi Belanda di Tanah Alas pada tahun 1904 membangun tangsi tangsi militer disekitar Kutacane sekarang.

Suasana pagi hari (dok.pri)

Ketika revolusi kemerdekaan, rakyat Alas bersama para penghulunya sekali lagi membuat kelabakan tentara Belanda yang menduduki Tanah Karo, Dairi, dan Deli Serdang. 

Suksesnya konsolidasi dengan bala bantuan dari daerah lainnya di Aceh beserta para pejuang setia dari tiga daerah yang telah dikuasai Belanda tersebut, berulang kali pertahanan musuh di wilayah Sumatera Utara sekarang itu mendapatkan serangan dahsyat dari Kutacane.

Penjaja aneka dagangan diseputaran mesjid pada malam hari (dok.pri)


Diantara tempat bersejarah yang menjadi saksi perjuangan ini adalah Mesjid Agung At-Taqwa yang terletak di pusat kota Kutacane. Cikal bakal mesjid ini dahulunya merupakan bangunan sederhana beratapkan daun yang sudah berdiri ketika Van Daalen menginjakkan kakinya pertama kali di tempat ini.

Bentang alam kutacane dari udara (dok.pri)

Kalau Van Daalen dipaksa untuk berjalan kaki menyeberangi sungai sungai, maka menjangkau Kutacane saat ini tidak lagi mesti dengan jalur perjalanan darat, terdapat juga jalur udara dari Medan maupun dari Banda Aceh. 

Jadi bagi traveler yang tidak sabar dengan perjalanan darat dapat memilih moda transportasi udara, namun harus menentukan jadwal keberangkatan yang tepat karena rute penerbangan kesini tidak dilayani setiap hari.

Tiba di Kutacane dengan Pesawat Udara (dok.pri)

Secara topographi Kutacane merupakan lembah yang dikelilingi oleh barisan pegunungan yang tinggi menjulang. Pantas saja secara alamiah bila banyak sungai-sungai deras baik besar maupun kecil yang seakan mengepung Ekosistem Leuser.

Gambaran sungai dari atas bukit kecil (dok.pri)

Sisi yang lain sungai dari bukit yang sama (dok.pri)

Untuk jenis kuliner hasil alamnya jangan pernah lupa untuk mencicipi nikmatnya durian lokal atau ranumnya salak langsung dari pohonnya dan ditemani teh nira Kutacane yang melegenda.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline