Lihat ke Halaman Asli

Andromeda Bahtiar Pangestu

Universitas Negeri Semarang

Modernisasi Produk Desa: Marketing Masa Kini Melalui Media Digital oleh KKN Unnes Giat 3

Diperbarui: 7 Desember 2022   22:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Saat ini segala aktivitas dan keseharian ditengah masyarakat telah mendukung mobilitas terjadinya digitalisasi sehingga banyak keadaan yang sebelumnya dilakukan secara konvensional kemudian beralih ke arah modernisasi yang ditandai dengan aktivitas digitalisasi. Keadaan tersebut tidak serta merta menjadikan suatu peluang seperti yang dirasakan oleh warga desa dengan keadaan digitalisasi menjadikan hal tersebut sebagai wujud dari keterbatasan.

Sehubung dengan dampak covid-19 yang telah terjadi sebelumnya juga sehingga perekonomian baru saja mengalami pemulihan dari keadaan tersebut. Oleh karena itu, pelaku UMKM dituntut untuk terus melakukan inovasi dan kreasi mulai dari produk hingga pemasaran. Maka dengan adanya era digitalisasi saat ini, Tim KKN Unnes Giat 3 yang berada di Desa Keseneng dan terdiri dari 9 anggota berupaya untuk memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini yang yang mudah dijangkau dan digunakan banyak orang, hal itu dapat membantu memudahkan pelaku usaha dalam memasarkan produknya melalui media digital guna meningkatkan dan memperluas income dari penjualan produk usaha rumahan sebagai salah satu potensi desa keseneng.

Produk usaha rumahan yang dilakukan oleh warga desa berupa beberapa produk seperti Gula Jawa yang bahan dasar pembuatan nya berasal dari air nira aren yang diolah menjadi produk Gula Jawa tersebut. Selain itu juga terdapat produk camilan yaitu Gula kacang yang bahan dasar nya relatif sama karena menggunakan Gula jawa yang telah dibuat dari air nira aren.

Dokpri

Bersama Tim KKN Unnes Giat 3 dilakukannya kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan upaya peningkatan penjualan melalui digital marketing yaitu dengan melalui kegiatan repackaging atau pengemasan ulang dengan mempercantik kemasan. Di samping itu, Tim KKN Unnes Giat 3 juga memberikan pengajaran dalam memasarkan produk yang telah dihasilkan terhadap warga desa keseneng yang membuat produk tersebut melalui media online seperti pada beragam platform sosial media yang tersedia.

Dengan adanya modernisasi pemasaran melalui digital marketing ini diharapkan bisa meningkatkan pasar dan mengembangkan nama UMKM Desa Keseneng sehingga nantinya daoat lebih dikenal oleh masyarakat luas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline