Amiroh Adnan

Catatan

Berpetualang di Wisata Alam Batu Secret Zoo

22 September 2012   23:59 Diperbarui: 24 Juni 2015   23:53 2936

Selalu menyenangkan menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Meski pekan kemarin bukan termasuk liburan panjang, namun menghabiskan waktu sehari bersama keluarga ke luar kota, menjadikan liburan akhir pekan menjadi lebih menyenangkan dan suasana hati, pikiran terasa refresh. Liburan ke luar kota, yang biasanya selalu kami lewatkan bersama keluarga besar, terasa sangat berbeda dengan ketika kami berlibur hanya bersama keluarga kecil kami. Lebih menyenangkan… disamping karena kami merasa tidak terlalu terikat dengan banyak aturan, kami juga bisa menjalin kekompakan satu sama lain.

Dan liburan akhir pekan kemarin kami habiskan di tempat Wisata Alam Batu Secret Zoo, Malang, atau lebih dikenal dengan Jatim Park 2.

Ini adalah kali ke-2, saya dan anak saya yang pertama, Cecilia, berlibur ke tempat wisata ini dalam acara yang berbeda. Kalau saya berlibur ke tempat ini bersama dengan teman-teman Guru SMKN 3 Jombang (setelah selesai workshop pengembangan kurikulum, sekitar 3 bulan yang lalu). Maka anak saya Cecil ke tempat ini bersama teman-teman dan guru SD-nya untuk wisata edukasi, setahun yang lalu.

Dan kali ini saya datang kembali bersama suami, adik ipar dan kedua anak saya, Cecilia dan Galang. Meski begitu, tetap saja ada sisi menarik yang bisa di eksplor di tempat wisata ini. Perasaan senang berkumpul keluarga dan kekaguman wisata alam berupa hewan-hewan langka membuat kami, terutama anak-anak, merasa sangat dekat dengan alam.

Tempat wisata Batu Secret Zoo adalah kebun binatang dengan nuansa modern yang memiliki 2 macam wahana yang bisa dipilih, yaitu Museum Satwa dengan harga tiket Rp. 20.000, Batu Secret Zoo Rp. 65.000, atau  paket keduanya (Terusan) dengan harga Rp. 75.000. Harga masing-masing paket ini lebih murah, ketika kita berkunjung pada hari Senin sampai dengan hari Kamis. Dan kemarin (Minggu, 9 september 2012) kami datang di tempat wisata ini sekitar pukul 2 siang. Karena menurut kami sudah terlalu siang, maka kami putuskan untuk membeli tiket Batu Secret Zoo, karena kami berpikir waktu yang tersedia cukup bagi anak-anak untuk menikmati paket ini. Batu Secret Zoo, sangat berbeda dengan Jatim Park 1, karena di tempat ini kita bisa melihat aneka satwa langka dari penjuru dunia, dengan berjalan santai dan dari jarak yang dekat. Pertama kali memasuki area Batu Secret Zoo, kami dipertontonkan dengan hewan-hewan Tikus Raksasa. Performa hewan tampak jelas. Namun sayang, di tempat ini kami tidak diperbolehkan memberi makanan hewan2 tersebut, karena kita tidak diperbolehkan membawa makanan ke dalam area ini.

Area lokasi hewan dan pengunjung juga dibatasi dengan teralis atau kaca, sehingga pengunjung merasa aman saat berdekatan dengan hewan.

Pada Rute selanjutnya kami bisa melihat binatang yang mirip dengan monyet-monyet yang sangat lucu, binatang2 ini namanya Lemur.  Mereka bergelantungan di pohon dan tiang-tiang.

Menyusuri setiap kelokan yang  menyajikan aneka satwa yang berbeda, pada sisi kiri dan kanan, membuat kami merasa berada di alam bebas.
Anak-anak berlari kesana kemari sambil meneriakkan nama hewan yang dilihatnya. Yah.. Anak-anak benar-benar menikmatinya.
Begitu banyak bagian-bagian yang bisa kami kunjungi, dan setiap bagian hewan / permainan ditampilkan dengan arsitektur yang sangat bagus, sehingga kami tidak pernah melewatkan setiap bagian untuk bernarsis ria :)
Setelah disajikan hewan-hewan langka, kami pun meneruskan ke rute selanjutnya, yaitu Aquarium. Area Aquarium berada di lorong seperti berada di bawah tanah dengan lampu penerangan yang bagus dan istimewa. Memasuki Area aquarium, kami disambut dengan aneka jenis Ular dan berbagai macam jenis binatang air  seperti ikan Pari, hiu dan ikan-ikan kecil nan cantik lainnya, mengingatkan anak-anak pada permainan Game Feeding Frenzy....
Rute selanjutnya adalah Savannah. Savannah adalah tempat favorit saya, karena saya merasa seperti berada di padang rumput yang di kelilingi pohon dan hewan  seperti Jerapah, buaya, kuda nil, elang dan burung-burung yang sangat cantik.
Ditempat ini juga terdapat patung Kapal Nabi Nuh yang di bawahnya terdapat sungai kecil yang dilewati beberapa perahu boat yang mengangkut para pengunjung.
Selanjutnya Kampung Afrika, dan Gajah di mana pengunjung dapat memberi makan dan menyaksikan kehidupan bayi Gajah Sumatra di kandang ini. Hmm... Sungguh luar biasa!
Wisata Batu Secret zoo ini memang sangat cocok untuk wisata edukasi. Karena selain bisa melihat secara langsung hewan-hewan langka, kita juga diberikan permainan berupa kuis-kuis interaktif berbasis IT seputar hewan-hewan langka, dengan fasilitas layar sentuh (touch screen) yang ada di setiap area, seperti yang dilakukan anak-anak kami berikut :
Disamping itu juga disajikan kuis tebak gambar, yang menanyakan jenis hewan yang tersaji dalam kuis.
Saya pun main tebak-tebakan dengan anak2... Masih banyak rute yang kami lalui yang mana pada setiap rutenya selalu menarik untuk diabadikan dalam camera atau video. Sampai akhirnya kami berada di Fantasi Land. Fantasi land ibarat surga bagi anak2, sebab di sini disajikan berbagai permainan secara gratis.. "It's free!", begitu yang tertulis pada setiap pintu masuk area permainan.  Saya dan anak-anak menghabiskan waktu di sini, sambil menyantap makanan di food court, kami melihat-lihat aneka macam wahan permainan anak-anak. Sedangkan suami dan adik mencoba memasuki area Horor House, sebuah wahana baru di tempat ini.
Selanjutnya, suamiku mencoba naik permainan Tornado, dan lagi2 saya hanya menonton.... Takut!
Lebih dari 3 jam kami menghabiskan waktu di tempat wisata ini, namun masih banyak wahana yang belum sempat tereksplor.. Rasanya kami harus menjadwalkan kembali waktu liburan akhir tahun ini untuk mengunjungi tempat ini, terutama Museum Satwa yang belum sempat kami kunjungi. Dan pukul 17.15 kami pun meninggalkan tempat ini... rasa capek dan lapar baru terasa ketika berada di dalam mobil yang membawa kami kembali pulang ke Jombang. Sampai di daerah Selorejo, kami singgah sebentar untuk makan malam, menikmati hidangan lalapan ikan Gurami, muhajir bakar dan Wader goreng ditemani angin malam yang berhembus kencang. Hmm... Setelah perut terisi, kamipun meneruskan perjalanan pulang... Batu secret zoo memang menarik untuk dikunjungi... Sampai berjumpa kembali Batu Secret Zoo...nantikan kedatangan kami pada liburan akhir tahun ini... :D