Mohon tunggu...
Muhammad Aaqil
Muhammad Aaqil Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

haloo, perkenalkan saya Muhammad Aaqil seorang mahasiswa jurusan Teknik Geologi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Pesona Keindahan Alam Wisata di Bukit Pandang Sangatta, Kutai Timur

22 Maret 2024   21:29 Diperbarui: 22 Maret 2024   23:51 248
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kabupaten Kutai Timur di Provinsi Kalimantan Timur memiliki beragam keindahan alam yang memikat hati para pengunjungnya. Salah satu tempat yang patut dikunjungi adalah Bukit Pandang, yang terletak di kawasan Sangatta. Bukit ini menjadi destinasi favorit bagi wisatawan yang mencari kedamaian serta ingin menikmati panorama alam yang memukau. 

Taman Bukit Pandang Indah,  adalah sebuah destinasi wisata di  Bukit Pelangi, Sangatta, Kutai Timur. Bukit Pandang menawarkan pemandangan alam yang memesona. Dari puncak bukit, pengunjung dapat menikmati panorama hijau hutan tropis yang luas dan indah. Udara segar yang menyelimuti kawasan ini juga membuat pengalaman berkunjung semakin menyenangkan. Terlebih lagi, saat matahari terbit atau terbenam, langit di Bukit Pandang menjadi latar yang sempurna untuk menikmati keindahan alam yang tiada tara. 

Pemerintah Daerah  Kutai Timur punya cara lain untuk menciptakan tempat wisata di Kota Sangatta  Di kawasan Bukit Pelangi yaitu menciptakan sebuah destinasi wisata keluarga yang bisa melihat langsung laut dari titik bukit dengan view kejauhan.  Pemerintah setempat telah menciptakan beberapa taman  di Bukit Pelangi sebagai tempat rekreasi bagi masyarakat yang ingin  menghabiskan waktu luangnya dengan bersantai. 

korankaltim.com
korankaltim.com

Salah satu taman yang sering dikunjungi warga adalah Taman Bukit Pandang Indah yang berada di ketinggian 78 meter di atas permukaan laut, di bukit pandang tersebut memiliki menara yang berada di puncak tertinggi dari suatu bukitdengan tujuan agar pengunjung dapat merasakan hamparan luas daerah kota Sangatta dan laut disekitarnya. Tempat parkirnya sangat luas, dan terdapat fasilitas pendopo di sekitar taman serta biaya masuknya yang gratis, cocok untuk wisatawan bersama keluarga. Taman Bukit Pandan sangat cocok bagi masyarakat Kutim khususnya para pekerja kantoran dan pekerja kantoran yang  waktu liburannya terbatas. 


kaltim.tribunnews.com
kaltim.tribunnews.com

Kawasan Bukit Pandang juga menjadi rumah bagi beragam flora dan fauna yang unik. Hutan-hutan di sekitar bukit menjadi habitat bagi berbagai spesies tumbuhan dan hewan, termasuk beberapa yang dilindungi seperti burung enggang. Hal ini menunjukkan pentingnya konservasi alam di daerah ini, serta menambah daya tarik bagi para pencinta alam yang ingin menjelajahi keanekaragaman hayati Borneo. 

Bukit Pandang Sangatta, Kutai Timur, memiliki karakteristik geomorfologi yang menarik, yang merupakan hasil dari proses-proses alamiah yang terjadi selama jutaan tahun. Berikut adalah beberapa ciri-ciri geomorfologi yang mungkin terdapat di Bukit Pandang Sangatta:

1. Topografi Berbukit: Seperti namanya, Bukit Pandang terletak di dataran yang agak tinggi, dan topografinya didominasi oleh bukit-bukit dan perbukitan. Formasi ini bisa disebabkan oleh proses ero-sional, tektonik, atau pergerakan lahan di masa lalu.

2. Erosi: Salah satu proses geomorfologi yang paling dominan di Bukit Pandang adalah erosi. Hujan, angin, dan sungai-sungai lokal memainkan peran penting dalam membentuk lanskap melalui proses erosi dan sedimentasi. Erosi dapat menyebabkan pembentukan lembah-lembah, jurang-jurang, dan lereng-lereng yang curam di sekitar bukit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun