Mohon tunggu...
Winda Lutfiana
Winda Lutfiana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi 23107030064 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

individu yang gemar menyendiri

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Menikmati Keindahan Telaga Sarangan: Wisata Alam yang Memukau di Jawa Timur

7 Juni 2024   22:39 Diperbarui: 8 Juni 2024   02:51 545
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hari libur adalah hari yang selalu ditunggu-tunggu banyak orang. Banyak orang yang menunggu hari libur untuk refresh otak sejenak. Banyak orang yang menggunakan waktu libur untuk pergi berwisata. Salah satunya saya yang menggunakan hari libur untuk berwisata menuju Telaga Sarangan.

Telaga Sarangan, yang juga dikenal sebagai Telaga Pasir, terletak di kaki Gunung Lawu, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Dengan pemandangan yang indah, udara yang sejuk, dan beragam aktivitas menarik, Telaga Sarangan menjadi destinasi favorit bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan melepas penat dari kesibukan sehari-hari. 

Terletak pada ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut, Telaga Sarangan menawarkan udara yang sejuk dan pemandangan yang asri. Telaga ini memiliki luas sekitar 30 hektar dan kedalaman sekitar 28 meter, dikelilingi oleh perbukitan hijau dan pepohonan pinus yang rimbun. Suasana tenang dan damai membuat tempat ini ideal untuk bersantai dan menikmati alam.

Salah satu aktivitas paling populer di Telaga Sarangan adalah berkeliling telaga dengan perahu motor (speed boat). Dengan biaya yang terjangkau, pengunjung bisa menikmati pemandangan telaga dari sudut yang berbeda sambil merasakan semilir angin yang sejuk. Saya bersama ayah saya dan adik saya mencoba menaiki  perahu motor tersebut, berputar di sekitar telaga.

Selain itu dapat berkeliling Telaga Sarangan dengan menunggangi kuda. Bagi yang ingin merasakan sensasi berbeda, tersedia juga jasa berkuda di sekitar telaga. Menunggang kuda mengelilingi telaga sambil menikmati pemandangan alam yang indah bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan dan sangat berkesan.

Didalam pintu masuk menuju telaga terdapat banyak penjual. Mulai dari penjual sayur, buah, snack, oleh-oleh khas Telaga Sarangan, sate kelinci dan masih banyak lagi. 

Selain itu, tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Telaga Sarangan tanpa mencicipi kuliner lokal. Di sekitar telaga, terdapat banyak warung makan yang menawarkan berbagai hidangan khas Jawa Timur, seperti sate kelinci, nasi pecel, dan berbagai olahan ikan segar dari telaga. Nikmati makanan lezat ini sambil menikmati pemandangan telaga yang memukau.

Sumber gambar pribadi
Sumber gambar pribadi

Saya dan keluarga saya juga mencoba beberapa kuliner lokal tersebut. Kami membeli sate kelinci, nasi pecel dan beberapa buah-buahan seperti strowberi, alpukat dan jeruk sunkis.

Telaga Sarangan dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang yang memadai. Di sekitar telaga, terdapat banyak pilihan akomodasi mulai dari hotel berbintang, vila, hingga penginapan yang lebih sederhana. Bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana malam di Telaga Sarangan, menginap di salah satu akomodasi ini bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Selain itu, tersedia juga berbagai fasilitas lain seperti area parkir yang luas, toilet umum, dan tempat ibadah. Untuk memudahkan pengunjung, terdapat banyak toko oleh-oleh yang menjual berbagai macam souvenir dan makanan khas Magetan yang bisa dibawa pulang sebagai kenang-kenangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun