Mohon tunggu...
Amir Mahmud
Amir Mahmud Mohon Tunggu... Blogger Lepas

Blogger lepas yang selalu haus akan ilmua pengetahuan. Bercita cita ingin mengembangkan desanya melalui sedikit keahlian menulisnya.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Dari Olahraga hingga Refreshing, Berikut 9 Cara Saya agar Tetap Sehat dan Waras

16 November 2019   18:00 Diperbarui: 16 November 2019   18:04 205 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dari Olahraga hingga Refreshing, Berikut 9 Cara Saya agar Tetap Sehat dan Waras
9 cara saya agar tetap sehat dan waras. Dokpri

"Masih sakit, Mas ?"
"Masih Dok"
"Usus buntu. Operasi ya ? Malam ini juga"

Deg ! Sontak saya kaget luar biasa saat dokter berkata demikian. Ya ! Saya terkena usus buntu dan harus menjalani operasi yang cukup menguras tabungan dan tekanan batin. Saya tidak menyangka jika sakit di perut kanan bawah kala itu, ternyata gejala usus buntu.

Sebelum dokter memvonis saya, saya sudah dua kali berobat. Awal keluhan yang saya rasakan yaitu anyang-anyangan. Selesai pengobatan pertama, saya belum merasa baikkan. Kemudian pada pengobatan kedua, saya mulai agak baikkan, namun hanya sebentar.

Dan pada pengobatan ketiga, sudah agak baikkan lagi, namun gejala anyang-anyangan masih terasa karena perut kanan bawah terasa sakit. Hingga kemudian dokter memvonis saya usus buntu serta menganjurkan untuk operasi.

Mengetahui hal itu, Ibu saya langsung shock tidak karuan. Apalagi karena saat itu sebentar lagi sayamau nikah. Akhirnya, biaya yang tadinya saya kumpulkan untuk modal nikah, pun berkurang dipakai untuk berobat.

Sakit yang saya alami tersebut tidak lain adalah karena pola hidup yang tidak sehat. Kebiasaan lembur sampai pagi dan hobi makan mie instant yang pedas, adalah salah satu penyebabnya.

Saya suka sekali dengan bakso dan seblak pedas, juga makanan pinggir jalan lainnya. Dimana semua itu adalah makanan tidak sehat, yang jika konsumsi terus menerus dapat berakibat buruk pada kesehatan.

Nah, karena tidak mau terulang kembali, sekarang saya jadi sangat peduli dengan kesehatan saya. 

Untuk itu, berbagai cara sehat pun saya lakukan. Berikut 9 diantaranya :

1. Konsisten olahraga 2-4 kali seminggu

Olahraga rutin yang saya lakukan dalam 2-4 kali seminggu membuat tubuh lebih sehat. Dokpri
Olahraga rutin yang saya lakukan dalam 2-4 kali seminggu membuat tubuh lebih sehat. Dokpri
Sebagai seorang blogger yang tiap hari duduk hingga 14 jam sehari, saya sadar bahwa aktivitas ini tidak baik karena minim gerak. Untuk itu, sudah sejak berbulan-bulan lalu, saya rutin berolahraga setiap paginya.

Dari rumah saya ke area jogging track, jaraknya lumayan jauh sekitar 3 km. Namun bukan alasan untuk malas berolahraga. Setiap pagi antara 2-4 kali dalam seminggu, saya rutin olahraga mengitari jogging track di alun-alun kecamatan.

Satu kali sesi jogging, saya bisa berlari 3-5 kali putaran. Yang jika di ukur dengan smartwatch ditangan saya, jaraknya sekitar 2.5 km, 3000 langkah, dan membuang sebanyak 90 kalori. Jarak tersebut cukup membuang keringat yang merupakan racun tubuh.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x