Mohon tunggu...
Amanda Febri Astuti
Amanda Febri Astuti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

hello!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Perbankan di Indonesia

29 November 2021   00:11 Diperbarui: 29 November 2021   00:11 93 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Latar Belakang

Perbankan secara umum merupakan industri yang menangani uang tunai, kredit dan transaksi keuangan lainnya. Perbankan didefenisikan sebagai kegiatan bisnis dalam menerima dan menjaga uang yang dimiliki oleh individu dan entitas lain dan kemudian meminjamkan uang ini untuk melakukan kegiatan ekonomi seperti menghasilkan uang atau sekedar menutupi biaya operasional.

Bank menyediakan tempat yang aman untuk menyimpan uang tunai dan kredit ekstra dan bank menawarkan rekening tabungan, sertifikat setoran, serta rekeningan dalam menghimpun dana dari masyarakat untuk kemudian dikelaola atupun dikembalikan kepada masyarakat.  Bank tidak hanya menawarkan jasa penyimpanan saja, namun masih banyak jasa-jasa lain yang bisa dinikmati nasabah dari bank tersebut.

 Salah satu contohya adalah jasa peminjaman uang dimana nasabah akan mendapatkan pinjaman uang dari bank yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk membuka usaha atau kepentingan lainnya yang tentunya bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Seiring berkembangnya waktu dunia perbankan mulai mengalami perubahan yang sangat signifikan. Hal ini tentunya juga akan berdampak pada sendi kehidupan bermasyarakat karena perbankan tak pernah lepas dari kehidupan sosial masyarakat. Perkembangan -- perkembangan ini tidak hanya terjadi secara global saja, Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki beragam macam bank mulai dari yang konvensional sampai dengan bank syari'ah, turut merasakan perkembangan di dunia perbankan. 

Dunia perbankan yang sangat terkenal di Indonesia telah memeberikan bukti nyata mengenai betapa besarnya dampak perbankan di indonesia. Hal ini dapat dibuktikan dari betapa banyaknya jumlah nasabah ataupun pengguna jasa perbankan yang menggunakan layanan ini untuk berbagai macam tujuan. Bahkan banyak sekali tipe-tipe transaksi pada bank konvensional ataupun akad-akad pada bank syari'ah yang hadir sebagai bentuk perkembangan di dunia perbankan Indonesia. Maka dari itu kami rasa penting untuk memebahas mengenai perkembanagan perbankan di indonesia serta system yang digunakan dalam perbankan di Indonesia.

A. Perkembangan Perbankan di Indonesia.

Perbankan berdasarkan pendapat (kasmir, 2012, p. 3), merupakan segala sesuatu yang menyangkut tentang bank, selain itu perbankan menurutnya juga menyangkut berbagai macam cakupan kelembagaan, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanaya . 

Secara sederhana, bank ini dapat diartikan sebagai lembaga keuangan yang kegiatannya dalam bidang usaha adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali kepada masyarakat , serta memeberikan jasa-jasa bank lainnya.

Dalam hali ini, negara seperti Indonesia tentunya juga mengalami berbagai macam proses perkembangan yang dialami dunia perbankannya. 

Berdasarkan sejarahnya, kehadiran perbankan di Indonesia sendiri tidak ter;elepas dari adanya colonial Hindia Belanda Veenidge Oost-Indische Compagnie (VOC) di Indonesia, VOC yaitu perusahaan induk penghimpun perusahaan-perusahaan  dagang Belanda, mereka mengukuhkan kekuasaannya di Batavia pada 1619. Untuk memperlancar aktivitasnya mereka mendirikan De Bank van Leeningi tepatnya pada tahun 1746 di tanggal 20 Agustus. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan