Mohon tunggu...
Al Johan
Al Johan Mohon Tunggu... Administrasi - Seorang pegawai biasa

Terus belajar mencatat apa yang bisa dilihat, didengar, dipikirkan dan dirasakan. Phone/WA/Telegram : 081281830467 Email : aljohan@mail.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Menanti Wajah Baru Jembatan Tano Ponggol, Jalan Darat Menuju Pulau Samosir

22 September 2021   15:07 Diperbarui: 22 September 2021   15:54 451 14 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Menanti Wajah Baru Jembatan Tano Ponggol, Jalan Darat Menuju Pulau Samosir
Desain Jembatan Tano Ponggol (Foto : medan.tribunnews.com)

Salah satu daya tarik wisata Heritage of Toba adalah Pulau Samosir, sebuah pulau di tengah Danau Toba yang sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu Wonderful Indonesia.

Pulau Samosir luasnya sekitar 63.000 hektar, hampir sama dengan luas negara Singapura. Pulau ini menduduki tempat ke-5 sebagai pulau terbesar di dunia yang berada di tengah danau.

Sewaktu masih duduk di bangku sekolah dasar (SD) dulu, ada dua pertanyaan yang hampir selalu muncul dalam ujian pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), "Apa nama danau terluas di Indonesia dan apa nama pulau yang terletak di tengah danau tersebut?" Jawabannya kita sudah tahu,  danau terluas adalah Danau Toba dan pulau yang terletak di tengah danau tersebut adalah Pulau Samosir.

 Dari sisi administrasi pemerintahan, saat ini Pulau Samosir masuk dalam wilayah Kabupaten Samosir.

Banyak Jalan Menuju Samosir

Banyak pilihan jalan yang bisa kita tempuh untuk menuju ke Pulau Samosir. Bisa dengan cara menaiki kapal penumpang atau feri, bisa juga melalui jalan darat.

Untuk perjalanan dengan kapal, terdapat beberapa pilihan. Kita bisa memilih jalur dari Ajibata ke Tomok, dari Balige ke Onanrunggu, lalu dari Tigaras ke Simanindo, dari Muara ke Sipinggan/Nainggolan atau dari Ajibata ke Ambarita.

Pemandangan Pulau Samosir dari kapal di Danau Toba (Foto : Pribadi)
Pemandangan Pulau Samosir dari kapal di Danau Toba (Foto : Pribadi)

Perjalanan menggunakan kapal menuju Pulau Samosir sangat mengasyikkan. Dari jauh, mata kita sudah dimanjakan dengan pemandangan indah sekeliling Danau Toba dan Pulau Samosir yang akan kita tuju.

Sementara untuk akses jalan darat,  hanya ada satu jalur yaitu melalui jembatan Tano Ponggol yang terletak di Kabupaten Samosir.

Jembatan Tano Ponggol kini (Foto : Pribadi)
Jembatan Tano Ponggol kini (Foto : Pribadi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan