Mohon tunggu...
Aliefia Diwandana
Aliefia Diwandana Mohon Tunggu... Mahasiswa -

Mahasiswa jurusan Psikologi UIN Maliki Malang angkatan 2013

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

Story of Ma'had UIN Maliki Malang

27 Februari 2016   07:59 Diperbarui: 27 Februari 2016   08:17 2732
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Fiksiana. Sumber ilustrasi: PEXELS/Dzenina Lukac

Dengan wajah yang cemberut, aku masuk ke dalam kamar. Berharap bahwa semua ini bohong. Kabar bahwa aku diterima di sebuah universitas yang aku sendiri setengah-setengah dalam mengerjakan ujian masuknya. Sebuah universitas yang kalian dulunya kenal dengan IAIN Malang, yang sekarang disebut sebagai Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Berita itu datang ketika aku sedang asyik berbuka bersama dengan teman-teman SMP-ku. Ibu meneleponku dengan nada bahagia, berkata dengan entengnya, “Mbak, kamu keterima di Psikologi UIN Malang!”. Seketika itu aku pun hanya bisa membelalakkan mata, ‘ini mimpi kan ya? serius aku keterima?’.

Ketika pulang aku hanya bisa menghela nafas panjang, padahal pada akhirnya aku dapat kampus yang ingin menerimaku menjadi mahasiswanya. Aku sudah daftar di manapun tapi selalu gagal, mulai dari SNMPTN aku ditolak oleh UGM, SBMPTN ditolak oleh UB (sebenarnya kelihatan sih karena waktu tes aku baru saja keluar dari rumah sakit karena patah tulang-mengerjakan tes dengan tangan dibalut gips). Sebenarnya pilihan terakhirku bukan UIN Maliki Malang, melainkan UMM. Tapi apa daya, orang tuaku lebih setuju aku memilih UIN ketimbang UMM dengan alasan karena UIN itu negeri, sedangkan UMM swasta.

Mungkin kalian bertanya-tanya kenapa sih sampe segitunya ga mau di UIN? Jawabannya singkat kok, Ma’had. Loh? Ma’had itu apasih? Ma’had atau apa yang orang sering dibilang pondok itu loh saudara sekalian. Kami para mahasiswa baru harus masuk ma’had selama 1 tahun meskipun kamu dari kota Malang, kamu tetap harus tinggal di ma’had selama 1 tahun. That’s why I refuse to enter Islamic State University for real. But in the end, I fulfill my parent’s wish.

2 minggu sebelum keberangkatan ke ma’had itu, aku ngerasa berat banget. Kenapa? Secara tidak langsung kehidupanku jadi nggak bebas lagi, apa-apa pasti harus inget sama acara ma’had dan lain-lain. Yang aku jaman SMA sukanya nongkrong sampe jam 9 malem gitu kan, terus jadi anak pondok (notabenenya ma’had sistemnya kan kayak pondok) yang malem udah ga boleh keluar (katanya gitu sih). Jam berganti hari, hari berganti minggu,  kali ini benar-benar hanya menghitung hari sebelum aku pergi meninggalkan rumahku selama 1 tahun.

Ibuku udah bingung sendiri ini ceritanya, mikir gimana aku di ma’had dengan tangan yang masih pake gips dan anak ma’had pasti nyuci baju sendiri, mandi sendiri (ya iyalah jelas,tapi disini aku aja masih dimandiin karena ga bisa pegang gayung), dan hal-hal yang harus mandiri. Tapi aku waktu itu masih santai-santai aja, belum ngerasain tertekan banget. Bapakku cuman bisa godain terus, ”ceileh yang habis ini jadi anak pondok. Harus pake rok terus hahaha, unyu paling mbak lek kamu pake rok terus kemana-mana.” Aku cuman tersenyum getir, ini bapak ga ngerasain jadi di posisiku kali ya.

Oke skip menuju hari-H masuk ma’had, jeng jeng jeng. Bapakku ga bisa nganter ceritanya, adek-adekku pada sekolah, dan mau minta tolong om kok ya lagi sibuk juga, so aku cuman berdua sama ibukku. Waktu dateng di UIN itu berasa amazing gitu, itu pertama kalinya aku masuk UIN selain buat tes kemarin. ‘Ah, aku bakal disini 4 tahun ya?’ batinku. Rame banget hari itu, karena semua maba dateng dan berusaha mencari mabna (gedung) mereka masing-masing. Aku sendiri masuk di mabna USA, bukan amerika maksudnya tapi Ummu SAlamah. Di UIN itu mabna cewek sama cowok itu jaraknya jauh banget, ujung sama ujung. Jadi, jangan khawatir masalah zina-zina ya, aman kok!

Nah, di UIN itu mabna cewek itu ada 4 namanya, USA (Ummu SAlamah). ABA (Asma’ Binti Abi bakar), FAZA (Fatimah Az-ZAhra), dan KD (KhaDijah). Kalo cowok itu ada 5, Al-Ghazali, Ibu Khaldun, Al-Faraby, Ibnu Rusydi, dan Ibnu Sina. Masing-masing di dalemnya itu ada murobbiyah sama musyrifah (untuk cewek) dan murobbi sama musyrif (untuk cowok).

Balik lagi ke ceritaku ya, nah aku sama ibuku angkat-angkat barang sendiri. Aku bawa yang enteng karena cuma bisa bawa tangan kiri, ibuku bawa tas baju yang beratnya ga karuan. Ya maklum ga punya koper jadi bawanya tas jinjing. Waktu itu, aku belum tau dimana USA, eh sampe muter-muter ke FAZA, KD, sama ABA. Padahal USA deket banget sama jalan masuknya tadi, wkwk bodo banget lah.

Masuk di mabna sebenernya ortu ga boleh masuk, tapi karena aku kasus spesial jadi ibuku boleh masuk nganterin sampe kamar. Aku dapet di lantai 1, kamar 13. Awalnya ngira wah angka terkutuk gitu kan, tapi ga ada apa-apa kok serius. Awalnya udah seneng nih, wah dapet lantai satu! Ga harus naik turun tangga gitu kan, eits sabar dulu pemirsa. Ternyata lantai pertama itu di bawah banget semacam bawah tanah. Jadi waktu masuk ke mabna-nya itu langsung lantai 2, jadi masih harus naik turun tangga lah ya. Oke, diet! Aku masuk ke kamar itu berasa sedih banget, ya ampun jauh dari ortu, tinggal sama 7 orang ga dikenal, bisa tahan ga ya? Mungkin kedengaran alay, halah orang ini ma’hadnya di malang, ngapain sedih sih. Eh gini, aku ga pernah jauh dari ortu sampe ga ketemu mereka tiap hari gitu, jadi meski UIN masih di Malang tetep aja sedih.

Habis itu, ibuku harus pergi ninggalin aku soalnya ada pertemuan wali di SC (Sport Center). Okelah, akhirnya semakin baper dong. Aku cuman bisa duduk di atas kasur, kedip-kedip kayak anak polos yang keilangan ibuknya gitu. Di kamar itu udah ada yang ngobrol-ngobrol, aku bingung kalo mau ngobrol, mau ngobrolin apa. Belum tau kesukaan mereka masing-masing. In the end, aku cuman diem aja hari itu. Ga ngobrol sama sekali sama mereka ber-7. Besoknya, kita mulai ngerasa aneh kalo sampe ga ngomong sama sekali, habisnya kita bakal 1 tahun tidur bareng di 1 ruangan, kalo ga kenal kan ya Subhanallah sekali.

Nah kerennya, aku dapet temen 1 jurusan di kamarku, namanya Winda asal Sidoarjo. Ada lagi jurusan matematika namanya Mbak Lely (Dia lebih tua 2 tahun dari aku, jadi ga enak kalo ga panggil mbak) asal Kediri, yang fakultas ekonomi ada 3 orang, 1 orang jurusan akuntansi namanya Mitha asal Bima, Kak Rama (Dia juga lebih tua dan karena dari luar jawa, berasa aneh kalo manggil mbak) jurusan perbankan syariah S-1 asal Bima juga sama Mbak Winta asal Kabupaten Malang jurusannya sama kayak Kak Rama. Nah sisa 2 lagi, yang satu maknae (*translate: paling muda) di antara kami, kelahiran 1996 namanya Fella asal Kalimantan Tengah jurusan BSI dan Kak Elly jurusan HBS asal Aceh. Awalnya awkward banget ngomongin ini sama orang asing tapi lama-lama asyik kok.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun