Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Menapaki Jalan Sunyi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mewaspadai Kekurangan Air Bersih di Musim Kemarau

2 September 2021   07:31 Diperbarui: 2 September 2021   07:42 132 21 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mewaspadai Kekurangan Air Bersih di Musim Kemarau
Air merupakan sumber hidup dan kehidupan bagi manusia, keberadaannya sangat di butuhkan bagi makhluk hidup. Ilustrasi: tehnologipengolahan.com

"Air adalah prinsip dasar segala sesuatu. Air menjadi pangkal, pokok, dan dasar dari segala-galanya yang ada di alam semesta, Air merupakan sumber kehidupan" (Thales)

Indonesia yang merupakan negara agraris, dengan penduduknya yang sebagian besar adalah petani, tentu saja sangat membutuhkan air sebagai sumber penghidupan, tidak hanya manusianya, tetapi bagi seluruh makhluk.

Sebagai Negara yang memiliki dua musim secara garis besar, yakni musim penghujan dan musim kemarau, menjadi musim yang terus berubah setiap tahun.

Secara geografis dimasing-masing daerah di Nusantara ini tidak bisa kita pungkiri adanya sebuah perbedaan satu sama lain, dimana saat ini secara umum memang musim kemarau yang ditandai dengan tidak adanya hujan, tetapi di beberapa daerah yang lain, justru hujan cukup lebat, bahkan mengakibatkan banjir.

Tentu dimusim kemarau yang diperkirakan cukup panjang, tentu sudah mulai banyak daerah yang mulai kekeringan dan kekurangan air bersih yang harus segera di antisipasi, baik oleh masyarakatnya maupun oleh pemerintahnya, sehingga keteraedian air bersih mencukupi dalam menghadapi musim kemarau ini.

Baca Juga : Musim Kemarau rentan dengan 4 penyakit ini, maka waspada dan berhati-hatilah ! 

Kebutuhan air bersih tidak hanya untuk dikonsumsi saja, tetapi juga dibuat untuk mencuci baju, piring, maupun alat perabotan lainnya, sehingga menjadi sangat penting ketersediaan air bersih itu bagi masyarakat.

Salah satu wilayah di Jawa Timur, tepatnya Madura-Sumenep yang mengalami kekeringan, gambar: radarmadura.id
Salah satu wilayah di Jawa Timur, tepatnya Madura-Sumenep yang mengalami kekeringan, gambar: radarmadura.id

Sudah mulai banyak di beberapa wilayah di Jawa Timur yang sudah mulai mengalami kekeringan karena musim kemarau yang ditandai dengan tidak adanya hujan selama berhari-hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan