Mohon tunggu...
Akhdan RaviAndaman
Akhdan RaviAndaman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Manajemen Informatika Vokasi IPB

Akhdan Ravi Andaman 15 April 2003

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pemanfaatan Teknologi Media Sosial untuk Berbisnis

17 Juli 2021   13:25 Diperbarui: 17 Juli 2021   13:52 645
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Latar Belakang

 

Tidak dapat dipungkiri, kemjuan teknologi di era digital ini semakin berkembang pesat. Kemajuan teknologi memiliki dampak yang besar dalam kehidupan sehari-hari. Dengan berkembangnya teknologi, manusia dapat menemukan berbagai macam informasi yang penting dengan cepat dan mudah. Teknologi juga memudahkan kita dalam berinteraksi terhadap orang lain. Salah satu contoh kemajuan teknologi yang paling berkembang pada era digital ini adalah media sosial.

Menurut Wikipedia, Media sosial adalah sebuah media daring yang digunakan satu sama lain yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Tujuan adanya sosial media sejatinya adalah sebagai sarana komunikasi dengan jangkauan yang sangat luas. Penggunaan media sosial membutuhkan jaringan internet yang cepat dan stabil. Di media sosial juga, kita dapat membuat grup obrolan dan mengirim-ngirim foto maupun video dengan mudah dan cepat. Selain itu, media sosial juga memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan bisnis seseorang.

Mengapa media sosial ini sangat penting untuk berbisnis? Karena dengan bantuan media social kita dapat memasarkan dan mengiklankan produk kita dengan mudah tanpa batasan jarak. Manfaat media sosial untuk bisnis bisa juga digunakan untuk menganalisis pasar, konsumen, hingga kebutuhan produksi. Kini banyak orang yang memanfaatkan media sosial untuk berbisnis. Salah satu media sosial yang paling paling sering digunakan untuk berbisnis adalah Facebook & Instagram.

Facebook adalah media sosial buatan Mark Zuckerberg yang saat ini menempati posisi pertama sebagai media sosial yang paling banyak digunakan di dunia dengan jumlah pengguna aktif bulanan sebanyak 2,7 miliar pengguna. Facebook memiliki berbagai macam fitur yang memudahkan pengguna untuk beriklan, seperti business manager, page, ads manager, insight dan masih banyak fitur lainnya. Namun untuk menggunakan fitur-fitur tersebut akun Facebook harus diubah menjadi akun bisnis. Tidak semua akun Facebook bisa dijadikan Bisnis, karena Facebook punya penilaian dari postingan kita sebelumnya, jika ada postingan pelanggaran, maka Facebook berhak menolak mengaktifkan akun kita untuk berbisnis.

Maksud dan Tujuan

 

Dengan latar belakang tersebut diatas, Penulis ingin berbagi sedikit pengetahuan cara membuat akun Facebook yang siap untuk berbisnis. Dengan adanya artikel ini, penulis berharap agar masyarakat dapat menggunakan media sosial kearah yang positif. Sebagian orang, masih menganggap media sosial hanya merupakan media hiburan semata. Padahal jika dikelola dengan baik, media sosial dapat dijadikan sumber penghasilan utama. Bagaimana Langkah-langkah agar sosial media kita siap untuk bisnis?

Pembahasan

Langkah pertama dalam memulai bisnis di Facebook adalah membuat Facebook Page. Apa itu Fanpage? Menurut Sproutsocial, Facebook Fanpage adalah akun bisnis yang merepresentasikan sebuah organisasi atau seseorang dengan fitur-fitur unik di dalamnya. Fanpage Facebook merupakan halaman yang dibuat terpisah dari Profil Pribadi kita dan merupakan akun bisnis yang mewakili perusahaan atau organisasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun