Mohon tunggu...
Adica Wirawan
Adica Wirawan Mohon Tunggu... Wiraswasta - "Sleeping Shareholder"

"Sleeping Shareholder" | Email: adicawirawan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Siapa Bilang Orang Berumur Panjang Rutin "Nge-Gym?"

1 November 2017   10:27 Diperbarui: 1 November 2017   10:33 1090
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
manusia berusia panjang di kawasan okinawa (sumber: https://bluezones.com)

Sewaktu "membongkar" folder di notebook saya, tanpa sengaja, saya menemukan foto mendiang kakek saya. Foto itu diambil sekitar tujuh tahun lalu sewaktu kakek saya masih hidup. Dalam foto itu, kakek saya tampak tertawa lebar. Sebuah pemandangan yang sampai saat ini sering membikin saya terharu.

kakek saya yang diberkahi umur panjang (sumber: dokumentasi pribadi)
kakek saya yang diberkahi umur panjang (sumber: dokumentasi pribadi)
Kakek saya termasuk orang yang beruntung. Pasalnya, beliau "diberkahi" usia yang panjang, yaitu 99 tahun. Sebuah rentang umur yang jarang dijumpai pada saat ini karena harapan hidup orang Indonesia berkisar pada umur 70 tahun saja.

Namun, yang bikin saya bingung ialah kebiasaan "buruk" beliau. Seumur hidupnya, beliau adalah perokok aktif. Dalam sehari beliau bisa menghabiskan sebungkus rokok lebih, dan rokok favoritnya ialah kretek.

Walaupun terus menghabiskan beberapa batang rokok dalam sehari, kesehatan beliau tetap terjaga. Malah, berat badan beliau terus bertambah.

Anehnya lagi, kakek saya juga jarang berolahraga secara fisik. Sejak berhenti bertani ketika memasuki usia delapan puluhan, beliau banyak menghabiskan waktunya di rumah.

Namun demikian, sepertinya beliau bukanlah orang yang "betah" berdiam diri, berbaring di ranjang sepanjang hari, atau duduk berjam-jam menonton acara televisi yang itu-itu saja.

Sebaliknya, beliau menyibukkan diri dengan mengurus semua keperluan rumah tangga. Kadang saya berpikir, "Bukankah orang yang sudah berumur sebaiknya jangan terlalu banyak beraktivitas seberat itu?"

Sayangnya, saya hanya bisa menyimpan pertanyaan itu dalam hati saja, sampai beliau meninggal dunia setelah terserang penyakit parah pada penghujung hidupnya.

Namun demikian, beberapa tahun kemudian, saya membaca buku The Blue Zones, karya Dan Buettner dan saya akhirnya mendapat jawaban atas pertanyaan tersebut. Dan Buettner adalah seorang jurnalis profesional yang mendapat "amanah" dari tempat kerjanya untuk mendokumentasikan manusia berumur di atas seratus tahun yang tinggal di pelbagai daerah di dunia.

buku the blue zone karya dan buettner yang memaparkan rahasia berumur panjang (sumber: dokumentasi pribadi)
buku the blue zone karya dan buettner yang memaparkan rahasia berumur panjang (sumber: dokumentasi pribadi)
"Amanah" itulah yang kemudian membawanya ke beberapa tempat, seperti Okinawa, Sardinia, dan Kosta Rica, yang belum pernah disambanginya. Pasalnya, di daerah tersebut, hidup manusia-manusia berusia panjang, dan anehnya, sewaktu mendatangi mereka, dia menjadi "takjub".

Semua bayangannya tentang gaya hidup manula yang monoton, muram, dan kesepian "terpatahkan". Pasalnya, hidup mereka punya vitalitas yang tinggi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun