Mohon tunggu...
Adi SuhenraSigiro
Adi SuhenraSigiro Mohon Tunggu... Dosen - Melayani Tuhan, Keluarga, Negara, Gereja, Sesama, serta Lingkungan merupakan panggilan sejak lahir

Pendidikan S1: Sekolah Tinggi Teologi Kharisma Bandung (Lulus 2016). Pendidikan S2: Sekolah Tinggi Alkitab Tiranus Bandung (Lulus 2020). Pelayanan: Perintisan dan Pemuridan di Gereja Bethel Indonesia Jl. Pasirkoja 39 Bandung, tahun 2012-2022. Pekerjaan: Dosen PNS IAKN Tarutung

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Seputar Pendidikan Agama Kristen

18 Oktober 2022   21:11 Diperbarui: 18 Oktober 2022   21:19 698
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Oleh: Adi Suhenra Sigiro, S.Pd.K., M.Th

Pendidikan Agama Kristen (Selanjutnya disingkat: PAK) adalah usaha pendidikan yang harus dilakukan dengan sadar, sistematis dan berkesinambungan. 

Namun walaupun begitu supaya tujuan PAK dapat terwujud, maka pendidik tidak cukup hanya mengandalkan dirinya untuk melakukan perencanan pembelajaran, penyususnan materi pembelajaran dan membuat strategi pembelajaran yang menarik. 

Karena PAK, juga harus menyentuh dimensi spritual peserta didik, maka proses pembelajara PAK, dimulai dari perencanana, penyusunan materi dan pada saat mengkomunikasikannya kepada peserta didik harus melibatkan intervensi Allah. 

Hal ini penting supaya pembelajaran membawa pembaharuan bagi peserta didik baik secara pengetahuan, sikap maupun ketrampilan terlebih supaya mereka dapat bertumbuh dalam pengenalan akan Kristus, sehingga memungkinkan peserta didik untuk menjadi semakin serupa dengan Kristus.

Hal lain juga menjadi perhatian dalam melaksanakan PAK adalah  harus mengatuhi di mana konteks PAK sedang berlangsung. Berbeda konteks pelaksaan PAK maka berbeda pula cara melakukan pembelajaran. PAK sebagai usaha pendidikan harus dilakukan dalam konteks keluarga, sekolah dan gereja

Dalam konteks keluarga maka orangtua memainkan peranan penting untuk melaksanakan tanggung jawab mereka dalam mendidik anak mereka. 

Adapun langkah praktis yang dapat dilakukan oleh orangtua dalam melaksanakan PAK dalam konteks keluarga adalah sebagai berikut: Satu, menciptakan kehangata dan kasih serta penerimaan terhadap anak-anak. Dua, orangtua menjadi model dan teladan kehidupan dalam melakukan kebenaran bagi anak-anak. Tiga, orangtua harus dengan sengaja menyediakan waktu mereka untuk mengajarkan kebenaran Alkitab bagi anak-anaknya. 

Untuk memudahkan upaya pemeblajaran ini maka orangtua bisa mengajar anak-anaknya dengan bebrbagai media dan metode yang sesuai. Salah satu metode yang tepat mengajar anak-anak dalam kebenaran adalalah metode bercerita.

PAK dalam konteks gereja dapat dilakukan dengan mengembangkan pembelajaran dengan pendekatan kategorial, seperti PAK anak-anak, PAK remaja dan Pemuda, serta PAK orang dewasa, dan  persekutuan kaum ibu dan kaum bapa. 

Bahkan PAK juga bisa diselenggarakan bagi kaum lanjut usia. PAK dalam setiap jenjang usia yang dikategorikan sama pentingnya, karena dalam setiap jenjang usia tersebut, warga jemaat memiliki tugaa, tanggung jawab serta pergumulan tersendiri. Selain itu, semua warga jemaat sama-sama memerlukan pertumbuhan iman. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun