Mohon tunggu...
Abdullah Syukrun Niam
Abdullah Syukrun Niam Mohon Tunggu... -

Duniaku akan mengherankan setiap orang ketika akhirnya terungkap Visit my blog : thesecondwings.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

Tere Liye Novel Part I

28 November 2018   08:34 Diperbarui: 28 November 2018   08:42 564
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Novel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Fotografierende

Rabu, 28 November 2018...

Eh, ada yang sadar nggak kalau beberapa hari terakhir ini, saya selalu membahas soal Tere Liye? Bagi yang menyadarinya, bagus, kalian benar, saya memang tengah membuat satu tema khusus untuk dibahas secara berkelanjutan. Dan topik soal Tere Liye atau yang mulai sekarang akan saya sebut #tributefortereliye, meng

topic explanation di blog ini.

Nah, hari ini saya akan kembali membahas soal Tere Liye, atau lebih tepatnya saya akan memberikan daftar terbaik dari novelnya. Terbaik di sini tentunya menurut sudut pandang saya ya, jadi jangan protes kalau nanti urutannya tidak sesuai dengan punyamu.

Dan oh, ya karena saya belum membaca semua karya Bang Tere, jangan heran ya kalau nantinya ada beberapa novel yang sebenarnya bagus, tapi nggak masuk daftar.

Ok, mari kita mulai :

Pertama, Bidadari-bidadari Surga (2008

Ini novel pertama Bang Tere yang saya baca. Bercerita tentang perjuangan Laisa yang mencoba mengubah nasib keluarganya yang miskin dan nestapa, dengan cara mengorbankan kehidupannya sendiri. Lembah Lahambay, Perkebunan Stroberi, Lereng Gunung Kendeng, berang-berang dan harimau. Perjuangan Laisa akan membuatmu sadar, hidup akan bernilai hanya jika kau bekerja keras.

Kedua, Rembulan Tenggelam di Wajahmu(2009

Sebenarnya, saya kesulitan memutuskan mana novel yang ada di urutan pertama. Bidadari-bidadari Surga dan Rembulan Tenggelam di Wajahmu sama-sama terasa sangat personal dalam hidup saya. Keduanya, memiliki cerita yang merombak habis-habisan karakter dan sudut pandang saya selama ini.

Tapi tak etis jika posisi pertama dihuni lebih dari satu novel. Jadi beginilah, dan hey ini hanya peringkat kan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun