Mohon tunggu...
Bagas Prayogi Harsono
Bagas Prayogi Harsono Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UMM Prodi Manajemen

Mahasiswa UMM Prodi Manajemen

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Edukasi Pemanfaatan Digital Marketing Guna Meningkatkan Produktivitas UMKM di Desa Junrejo Malang

25 September 2022   18:43 Diperbarui: 25 September 2022   19:17 147 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Membantu Proses Penjemuran Kerupuk

Membantu Proses Penjemuran Kerupuk
Membantu Proses Penjemuran Kerupuk
Foto Bersama Pemilik UMKM Kerupuk
Foto Bersama Pemilik UMKM Kerupuk

Pengabdian kepada Masyarakat oleh Mahasiswa dengan tema baktimu negeri kelompok 92 gelombang 9. Beranggotakan 5 orang mahasiswa prodi manajemen yaitu Fihan Rizki N., M. Farhan Ditama, M. Rizal Fatoni, Bagas Prayogi H., Bagus Brata Kirana Dibimbing oleh Ibu Dini Kurniawati, ST., MT. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 22 september 2022 di Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur.       

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau biasa disingkat dengan UMKM merupakan suatu kegiatan produktif yang dimiliki oleh perorangan atau badan usaha yang mana kegiatan tersebut sudah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro.

Masyarakat didesa Mojorejo kebanyakan merupakan para pengusaha kerupuk, salah satunya adalah Bapak Solikhin selaku pemilik brand kerupuk dua putri yang mampu menjual produknya 2,5 kwintal per hari. Beliau mengirimkan kerupuknya ke daerah Jawa Timur maupun luar pulau Jawa. Tidak jarang terlihat fenomena kerupuk dijemur ditengah jalan. 

Hal tersebut sudah lumrah disini, namun UMKM milik bapak Solihin ini masih menggunakan strategi pemasaran tradisional tanpa menggunakan media digital

Padahal di zaman yang serba digital ini, perlu sekali para pelaku UMKM untuk melakukan digital marketing agar dapat memudahkan dalam memperluas pangsa pasar, meningkatkan penjualan produk, berinteraksi secara langsung dengan konsumen, bahkan dapat menarik konsumen atau calon konsumen dengan cepat.

Digital marketing adalah kegiatan mempromosikan suatu produk menggunakan media digital atau internet. Tujuan dari digital marketing adalah untuk menarik pelanggan agar tertarik membeli suatu produk. 

Pemanfaatan digital marketing mampu menyebar dengan cepat karena kemudahan yang diberikan teknologi, kita mampu mendapatkan hasil secara akurat (berapa banyak, berapa lama, berapa persen orang melihat iklan secara real time serta jangkauan konsumen yang sangat luas baik dari segi demografis maupun geografis dengan biaya yang murah, menurut Gartner's Digital Marketing Spend Report pengguanaan Digital Marketing dapat menghemat sampai 40% biaya anggaran.

Edukasi yang dilakukan pada UMKM kerupuk dua putri milik Bapak Solihin berfokus terhadap empat strategi pemanfaatan digital marketing.

  • Content Marketing

Melalui blog, media sosial, e-book, serta brosur online dengan membuat konten yang menarik tentang produk agar dapat menarik minat beli konsumen.

  • Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah bermitra dengan layanan atau situs orang lain untuk membuat komisi dengan merujuk pembaca atau pengunjung ke bisnis yang kita miliki.

  • Native Advertising

Berbentuk konten berbayar yang ditampilkan dalam bentuk yang memiliki kemiripan dengan konten media dan penempatannya  contohnya Promoted Post di Instagram dan Facebook

Mempromosikan brand dan konten di media sosial seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, Twitter, dan Facebook Messenger dimana media sosial merupakan sarana untuk membesar-besarkan brand dengan memberi spesifikasi tentang usaha yang dimiliki.

Dijelaskan mahasiswa manajemen tersebut, bahwa program utama mereka dimaksudkan untuk meningkatkan produktivitas UMKM dengan memanfaatkan digital marketing untuk memperluas jangkauan konsumen menggunakan media sosial. Adapun media sosial yang digunakan yaitu Facebook dan Instagram.

Dengan demikian, kegiatan PMM oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang ini diharapkan dapat membuka jalan untuk memasarkan hasil produk UMKM ke pasar yang lebih luas dan dapat meningkatkan hasil penjualan para pelaku UMKM di desa Junrejo Malang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan