Kondisi ekonomi Pemerintah Malaysia 2018 ini sedang tidak menguntungkan. Rasio utang negara pada Agustus 2018 lalu masih tercatat mencapai 51% dari GDP yang hampir menyentuh angka aman sebesar 55%.
Hal mengejutkan terjadi November 2018 ini yang membuat kondisi memburuk. Hutang negara Malaysia menyentuh 1 Triliun Ringgit atau 3.500 Triliun Rupiah atau 60% dari GDP, lampu merah dan sebuah rekor baru.
Nilai tukar Malaysia Ringgit terhadap Dollar AS juga semakin melemah, jika pada Agustus 2018 1 USD = 4,4 Ringgit, terkini sewaktu saya mengunjungi Malaysia (November 2018), nilai tukar 1 USD = 4,6 Ringgit.
PM terpilih Mahathir Mohammad tentunya cemas, terlebih melalui proses panjang selama kampanye hingga memenangkan pemilu. Dirinya berstrategi dengan anak buahnya yang dulu pernah dibuang, Anwar Ibrahim.
Secara Politik, keterpilihan PM Mahathir disambut gempita, namun secara ekonomi, monster buas mengancam.
Terkait terpilihnya PM Mahthir yang dibantu oleh Anwar, masyarakat Malaysia tau, dan sudah menjadi rahasia umum bahwa Mahathir akan menjabat selama dua tahun awal dan sesudahnya Anwar yang akan naik menggantikan sebagai PM, lucu memang. Bagi Mahathir dua tahun jabatan akan coba dimaksimalkan, terlebih pada sektor ekonomi.
Prediksi kejatuhan ekonomi Malaysia pada masa PM Najib sudah terendus. Sebelum menjabat PM, Mahathir sudah terlebih dahulu bersedih dengan mengatakan "My Child is Lost,".
Bagaimana tidak, sebuah perusahaan otomotif Nasional Malaysia yang lahir darinya yakni Mobil Nasional Proton, harus diserahkan kepada Asing.
Pada 2017 pabrikan Cina DRB-Hicom menguasai 49% saham Proton yang berdiri sejak 1983. Proton kini harus rela melepas kebanggan Mobil Nasional 100% nya. Jauh lebih besar, Skandal 1Malaysia Development Berhad (1MDB) pada masa PM Najib Razak yang terkuak kian menjatuhkan dengan dugaan penyalahgunaan dana sebesar US$ 4,5 miliar.
Pusaran berada pada pertanyaan, bagaimana cara 1MDB mengembalikan kembali dana talangan sejumlah tersebut kepada Pemerintah (kementerian Keuangan) sementara yang diminta tidak ada kas sama sekali.
Melihat kondisi tersebut, PM Mahathir akhirnya membatalkan dua Mega Proyek senilai US$ 20 Miliar dengan Cina yakni proyek East Coast Rail Link (ECRL) dan proyek pipa gas alam di Sabah. Mahathir mengatakan, proyek bakal ditunda hingga Malaysia benar-benar mampu.
Namun pekerjaan lain harus tetap dijalani, infrastruktur jalan dan jembatan layang di Malaysia tetap berjalan seperti proyek jalan tol di Malaka dan tol baru yang terhubung dengan Kuala Lumpur International Airport (KLIA). Mahathir sadar, infrastruktur menopang pertumbuhan ekonomi yang harus tetap dijalani karena itu merupakan kunci.
PARIWISATA PENOPANG, MALAYSIA VS INDONESIA
Bagaimana dengan Pariwisata, sampai kini Promosi pariwisata masih menjadi topangan dan menjadikan saudara serumpun Indonesia sebagi target wisatawan utama.
Malaysia memang serius dan siap dibawah slogan "Trully Asia", bagaimana tidak, slogan rasa-rasaan Asia itu berhasil menggaet wisatwan lokal kita sebesar 2,8 juta orang pada 2017, terbesar kedua setelah Singapura. Hingga tahun 2020, Malaysia menargetkan 3.4 juta orang Indonesia yang berkunjung, ambisi tersebut didukung penuh melalui program Visit Malaysia Year (VMY) 2020.
Secara seporadik, The Malaysian Association of Tour and Travel Agents (MATTA) Kuala Lumpur bersama Tourism Malaysia giat berpromosi di Surabaya dan Jakarta pada April -- September 2018. Agen perjalanan dan wisata lokal tentunya berkah dengan dukungan dan beragam diskon ini.
Bagaimana Indonesia menggaet masyarakat Malaysia dalam Pariwisata, menurut saya selain Bali, Surabaya, Medan dan baru-baru ini Lombok, orang Malaysia banyak kenal dan sering berkunjung, selebihnya kota lain belum dan sangat kurang promosi.Â
Mari lihat data BPS 2017, jumlah wisatawan Malaysia ke Indonesia sebesar 1,2 juta orang, artinya hanya separuh dari jumlah wisatawan kita yang berkunjung kesana pada tahun yang sama.Â
Pengeboman Pariwisata Malaysia ternyata dibalas Indonesia, pada September 2018 lalu Kemepar menyelenggarakan program Indonesia Tourism Table Top (ITTT) Kuala Lumpur II, di Doublee Tree Hilton Kuala Lumpur, dengan target 2,6 juta wisatawan Malaysia. Target destinasi kali ini aialah Danau Toba, dengan penawaran penerbangan langsung ke bandara Silangit. Jangan heran bertemu tari Tor-Tor di Malaysia ya.
Hamdhani W.P (Kuala Lumpur, 11-11-2018)