Mohon tunggu...
Yuni Wulan
Yuni Wulan Mohon Tunggu... yuniiwulan

jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pendidikan Politik

23 Juni 2021   19:43 Diperbarui: 23 Juni 2021   19:52 41 0 0 Mohon Tunggu...

Pengertian Politik

Secara etimologis politik berasal dari kata "polis" secara bahasa Yunani yang artinya negara kota. Istilah politik dapat diartikan sebagai ilmu atau segala sesuatu yang menyangkut urusan kenegaraan dan upaya untuk mendapatkan atau mempertahankan kekuasaan.

Pendidikan merupakan salah satu aspek yang paling penting untuk mewujudkan kehidupan, baik di masyarakat, bangsa dan negara agar lebih beradap, sehingga pendidikan akan menjadi pola yang harus diikuti oleh semua komponen yang ada dalam sebuah Negara. Dan salah satu tujuan negara adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. 

Pendidikan diharapkan tidak hanya menekuni ilmu pengetahuan saja, tetapi harus lebih dari itu seperti pembiasan dan pembentukan sikap, perilaku yang baik. 

Pendidikan politik merupakan suatu proses pemberi dan penerima pesan para anggota masyarakat untuk mengenal dan mempelajari nilai-nilai, norma-norma dan simbol-simbol politik negaranya dari berbagai pihak dalam sistem politik seperti sekolah, pemerintah dan partai politik. 

Pendidikan politik mengajarkan masyarakat pada umumnya untuk lebih mengenal sistem politik yang ada di Negara, sehingga diharapkan sosialisasi pendidikan politik sebagai sarana untuk membentuk sikap dan orientasi politik pada insan politik.

Pendidikan politik merupakan suatu bentuk pendidikan yang dijalankan secara terencana dan disengaja, baik dalam bentuk formal maupun informal yang mengajarkan kepada setiap individu agar sikap dan perbuatannya sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku secara sosial. 

Fungsi pendidikan politik sangat penting sebab pendidikan politik meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang kehidupan politik yang akan mendorong timbulnya kesadaran politik secara maksimal. Adapun tujuan dari kegiatan pendidikan politik yakni :

1. Membangun kesadaran dan pemikiran kritis untuk memilih dan berpartisipasi menyelenggarakan pemilu yang bersih dan anti politik uang lewat pendidikan politik.

2. Memberi informasi terkait prosedur memilih, (bagaimana cara memilih)

3. Membuka wawasan pemilih pemula tentang berbagai isu kepemiluan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN