Mohon tunggu...
Yuliyanti
Yuliyanti Mohon Tunggu... Wiraswasta - Yuli adja

Yuliyanti adalah seorang Ibu Rumah Tangga memiliki kesibukan mengurus bisnis keluarga, Leader paytren, Leader Treninet. Sebagai penulis pemula telah meloloskan 7 antologi. Penulis bisa ditemui di IG: yuliyanti_leader_paytren Bergabung di Kompasiana 20, Oktober 2020

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Resep Tumpeng Nasi Tutug Oncom, Santapan Lezat Dengan Cita Rasa Unik

28 November 2022   15:35 Diperbarui: 29 November 2022   10:21 727
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto menu// Tumpeng Nasi Tutug Oncom. Olah Canva, dokumen Yuliyanti

Tadi pagi saya memasak nasi tutug oncom. 

Nasi tutug oncom merupakan makanan khas Tasikmalaya. Terbuat dari nasi yang diaduk dengan oncom yang sudah dibakar atau digoreng, kemudian penyajiannya selagi hangat. Wikipedia.

Membuat menu tersebut dalam rangka menuntaskan tantangan dari seorang teman.

Beliau seorang Chef yang bertugas di Kedutaan. Saat memberi tantangan bukan tanpa alasan, alias ujug-ujug, istilahnya, orang Jawa. Hehe...

Kejadian bermula pada suatu pagi, saya mengunggah bahan untuk santap siang melalui status WhatsApp. Selang beberapa menit unggahan, beliau merespon serta meminta foto berbahan oncom yang hendak saya olah.

Singkat cerita, menu santap siang sudah saya olah dan siap disantap. Kemudian saya ambil gambar hidangan lantas mengirimnya lewat perpesanan. Beliau pun mengomentari dengan kalimat Woooow...

Selanjutnya beliau menanyakan, "apakah saya bisa bikin nasi tutug oncom?" jelas saya menjawab "belum pernah mengolahnya."

"Bikin, dong!" perintahnya.
Siap. Siapa takut, batin saya waktu itu. Sekalipun belum pernah melihat apalagi menyantapnya. Wis pokok-e terima tantangan-ne...hehe.

Meski demikian, saya berdalih meminta resepnya, dengan alasan malas cari di internet. Namun, hingga tantangan tuntas, resep takkunjung dikirimkan. Hmmm mungkin beliau lupa.

Yo, wislah...,aku kan berselancar mencari jawaban, di media berseliweran resep yang saya kuinginkan. Dan akan saya olah sesuai sesuai cita rasa lidah saya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun