Mohon tunggu...
Yudi Fachrurrazi
Yudi Fachrurrazi Mohon Tunggu... Lainnya - Semoga Bermanfaat

Mahasiswa Fakultas Hukum USK'18

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Pikiran Berpengaruh Besar

10 Agustus 2021   08:02 Diperbarui: 10 Agustus 2021   08:04 161 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pikiran Berpengaruh Besar
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pikiran Berpengaruh Besar

William James pernah berkata, "Penemuan terbesar pada generasi saya adalah pengetahuan bahwa manusia dapat mengubah hidupnya dengan mengubah cara mereka berpikir." 

Berangkat dari hal tersebut banyak orang yang menyelidiki tentang rahasia pikiran, khususnya terkait dengan kesuksesan. Salah satu yang terkenal adalah hasil penelitian yang dilakukan oleh Napoleon Hill. 

Ia berhasil mewawancarai 500 orang terkaya pada masanya untuk mencari tahu rahasia dibalik kesuksesan mereka. Hasilnya adalah pikiran. Hill berkata, "segala sesuatu yang akan dihasilkan manusia, yang dapat dilihat, dirasakan, dan didengar sebelumnya, sudah ada dalam pikiran." 

Semua benda yang kita kenal sekarang ini seperti tv, hp, pesawat terbang, dan lain-lain sudah ada dalam pikiran manusia, jauh sebelum benda-benda ini ada.

Untuk menyadari pentingnya kekuatan pikiran, ingatlah perkataan Nabi Sulaiman bahwa manusia seperti apa yang dipikirkannya. Pikiran adalah pelopor dari semua tindakan manusia. 

Jadi semua tindakan merupakan hasil pengaruh pikiran. Maka dari itu kita harus sangat berhati-hati dengan pikiran kita. Jika kita berpikir tentang kegagalan, maka kegagalan yang akan kita alami.

Banyak masalah terjadi, yang berakar dari pikiran. Di pikiranlah terjadi pertarungan antara pikiran positif dan negatif. Setiap saat, kuasa jahat mempengaruhi pemikiran yang keliru kepada kita, melalui keinginan mata, telinga, dan hati. 

Karena itu sebagai seorang great fighter, pertarungan sesungguhnya adalah di alam pikiran. Si jahat menyerang pikiran dengan segala gagasan atau ide kebimbangan, kecurigaan, dan ketakutan. Kuasa jahat atau pikiran negatif itu tahu apa yang kita sukai dan tidak. Pikiran jahat tahu kegelisahan dan segala kelemahan kita.

Bagaimana mengatasi pikiran negatif dan jahat? Pikiran negatif hanya dapat dikalahkan dengan pikiran kebenaran yang berasal dari Allah SWT, berupa janji kebenaran dalam kitab suci (Al-qur'an). 

Janji ini seperti senjata yang tajam yang sanggup meruntuhkan setiap benteng atau kubu yang dibangun pikiran jahat. Kebenaran ini dapat kita peroleh dari ceramah agama buku-buku rohani, buku-buku motivasi atau inspirasi, seminar-seminar, dan meditasi Firman Allah SWT secara pribadi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan