Mohon tunggu...
Yudha Wijaya Lubis
Yudha Wijaya Lubis Mohon Tunggu... Guru - Penulis

Amor Fath Fatum Brutum

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tim Dosen USU Lakukan Pengabdian Masyarakat kepada SMK Harum Sentosa Perbaungan Serdang Bedagai

19 Oktober 2022   14:38 Diperbarui: 19 Oktober 2022   14:39 211
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tim Dosen USU dengan Keluarga Besar SMK Harum Sentosa Perbaungan (Dokpri)

Tim dosen Universitas Sumatera Utara (USU) di  bawah lembaga pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)  melakukan program pengabdian masyarakat kepada salah satu sekolah di Kabupaten Serdang Bedagai yaitu SMK Harum Sentosa Perbaungan. Selasa  (11/10/2022). Tim ini terdiri dari  T. Henny Febriana Harumy S.Kom.,M.Kom sebagai Ketua Tim Pengabdian Kemudian Fuzy Yustika Manik S.Kom.,M.Kom., Dewi Sartika Br. Ginting S.Kom.,M.Kom  dan  Muhammad Rasyid Ridlo, S.Hum.,M.I.Kom sebagai anggota.

Henny mengatakan, pengabdian yang merupakan skim Kemitraan Mono Tahun Reguler  ini berjudul “Pemanfaatan Sistem Informasi Sekolah Terintegrasi untuk mengoptimalkan Kualitas Manajemen Keuangan dan Pelaksanaan Pendidikan di SMK Harum Sentosa Perbaungan Serdang Bedagai ”. Dikatakan Henny, pengabdian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi kondisi Sekolah yang belum memiliki sistem informasi yang memadai. Permasalahan ini didapati pada saat tim melakukan observasi lapangan seperti  Pendataan keuangan khususnya penggajian, dan sistem pembayaran uang sekolah yang masih dilakukan secara manual sehingga masih sering terjadi ketidaksesuaian pendapatan dan Pengeluran. 

T. Henny Febriana Harumy S.Kom.,M.Kom sebagai Ketua Tim Pengabdian memberikan sambutan (Dokpri)
T. Henny Febriana Harumy S.Kom.,M.Kom sebagai Ketua Tim Pengabdian memberikan sambutan (Dokpri)

Selanjutnya permasalahan Pendataan Sistem Manajemen , Inventaris masih bersifat manual sehingga tidak diketahui barang inventaris yang dimiliki oleh sekolah. Untuk mengatasi masalah tersebut tim pengabdi mencoba untuk imengimplementasikan sistem Sistem Informasi Sekolah Terintegrasi yang terdiri dari sistem keuangan dan Sistem Inventori. “Hal tersebut yang melatarbelakangi kami melaksanakan pengabdian ini,dan diharapkan sistem ini akan terus digunakan oleh sekolah kedepannya ,” kata Henny. Kegiatan ini dilaksanakan di Sekolah SMK Harum Sentosa kecamatan perbaungan kabupaten Serdang Bedagai beralamat di Jl. Laksana No 23 Perbaungan. Pada kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh  sekitar 30 orang yang terdiri dari Tim pengbdi , kepala Sekolah , tim manajamen dan Guru Guru SMK harum Sentosa perbaungan. 

Siti Khairani Selaku Kepala SMK Harum Sentosa Perbaungan turut mengungkapkan rasa terima kasih kepada Tim "terima kasih kami ucapkan karena kami merasa bermanfaat sekali dalam peningkatan kualitas pendidikan di dalam lingkungan sekolah kami SMK Harum Sentosa Perbaungan". 

Pada kegiatan ini, tim memberikan pelatihan bagaimana mengoperasikan dan menerapkan  Sistem Informasi Sekolah Terintegrasi yang terdiri dari sistem keuangan dan Sistem Inventori. Selain itu, tim juga melakukan pendampingan yang berkesinambungan terhadap tim manajemen  SMK Harum sentosa sampai tim dapat menerapkan sistem tersebut secara mandiri. Katanya. Lebih Lanjut henny menjelaskan untuk pelaksanaan program kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini ,   Selain menerapkan Sistem keuangan dan Sistem Inventori ,tim juga memberikan hibah berupa Satu set perangkat keras Laptop, printer, Kabel LAN untuk memudahkan implementasi sistem. Harapan dari hasil kegiatan ini kata henny lebih lanjut adalah SMK Harum Sentosa dapat memanfaatkan Sistem informasi Sekolah terintegrasi untuk membantu pihak manajemen melakukan Pendataan yang lebih rapi, efektif , efisien  tersetruktur sehingga dapat meminimalisir kesalahan pendataan khususnya keuangan.

Tim Dosen USU memberikan hibah perangkat untuk mendukung penerapan sistem kepada Ka. SMK Harum Sentosa Perbaungan (Dokpri)
Tim Dosen USU memberikan hibah perangkat untuk mendukung penerapan sistem kepada Ka. SMK Harum Sentosa Perbaungan (Dokpri)

Mengingat penggunaan teknologi merupakan salah satu poin dalam penerapan kurikulum baru yang diluncurkan oleh Kemendikbudristek, tentunya sistem yang diluncurkan oleh tim dapat membantu mewujudkan visi pendidikan yang telah dirumuskan oleh pemerintah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun