Mohon tunggu...
Muhammad Rafelda Tegarreksa
Muhammad Rafelda Tegarreksa Mohon Tunggu... Mahasiswa - pemuda random yang terjebak dalam image buruk

suka menulis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Merasa Depresi? Gunakan Cara Alami untuk Mengatasinya

27 Juni 2021   04:53 Diperbarui: 27 Juni 2021   06:23 99 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Merasa Depresi? Gunakan Cara Alami untuk Mengatasinya
Ilustrasi orang yang sedang mengalami depresi. Sumber: elitedaily.com

Jika kamu merasa depresi, yang terbaik adalah mengatasinya. Tidak perlu takut ataupun merasa khawatir. Depresi tidak akan hilang dengan sendirinya, kamu perlu mengidentifikasi serta mengatasinya.

Sangat mudah pergi ke dokter untuk mendapatkan bantuan guna mengatasi depresi, tetapi ada cara lain yang lebih mudah dan tentunya lebih alami untuk mengatasi depresi, daripada menggunakan obat-obatan farmasi. Pada saat yang sama, kita harus memikirkan tubuh kita, dan kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh obat-obatan terhadap hati dan ginjal kita. Obat alami jauh lebih baik untuk tubuh kita, dan bahkan dengan melakukannya dapat membuat kita senang!

Cara Alami Mengatasi Depresi

Beri dirimu nutrisi yang baik
Sumber: weheartit.com
Sumber: weheartit.com

Ketika kita merasa stres, mungkin kita sering berpikiran bahwa memakan makanan enak atau yang kita sukai seperti es krim, permen, dan makanan cepat saji dapat memulihkan kita dari depresi. Namun ternyata hal tersebut salah. Hal itu sebenarnya merupakan hal terburuk yang bisa kita lakukan.

Karena nutrisi yang tepat dapat mempengaruhi suasana hati dan energi seseorang.

Hal terbaik yang dapat membantu kita mengatasi depresi adalah mengkonsumsi sumber protein tanpa lemak seperti kacang-kacangan, biji-bijian, ayam semua membantu memicu otak untuk memproduksi norepinefrin dan dopamin. Neurotransmitter ini mengontrol, mengatur, dan menstabilkan suasana hati kita. Tanpa neurotransmiter ini, kamu akan merasa tidak termotivasi, malas, dan sengsara. Makanan lain yang dapat membantu mengatasi depresi adalah makanan yang tinggi akan omega-3 dan magnesium. Omega-3 dapat kita temukan pada ikan terutama salmon dan tuna, biji rami dan biji bunga matahari. Sedangkan magnesium dapat ditemukan dalam sayuran hijau, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Depresi disebabkan oleh rendahnya kadar serotonin, serotonin dapat ditemukan pada karbohidrat, seperti yang terdapat pada pasta, beras merah, oatmeal, dan roti gandum.

Bahkan cokelat membantu! Cokelat polos, atau coklat hitam keduanya baik untuk membantu kadar serotonin. Namun cokelat susu tidak banyak membantu, karena gulanya menetralkan.

Melakukan olahraga
Sumber: kachalka-24.ru
Sumber: kachalka-24.ru

Seseorang tidak perlu pergi ke gym, berlari, atau berolahraga berlebihan. Jalan kaki yang baik setiap hari akan membantu. Namun kamu juga dapat berlari jika kamu mau. Endorfin yang dihasilkan oleh aktivitas tersebut sangat membantu otak. Setiap orang berbeda, kita sendiri lah yang tahu tubuh kita masing-masing, serta batas kemampuan kita.

Saat kita depresi, kita merasa sangat ingin tidur dan rebahan tanpa melakukan apa-apa, dan ini hanya akan membuat kita merasa lebih buruk. Aktivitas apapun, terutama jalan kaki, jogging atau lari, sebenarnya akan membuat kita merasa lebih baik.

Sebenarnya telah terbukti bahwa kurang tidur akan membantu dalam kasus depresi. Sebenarnya salah satu cara paling alami untuk mengatasi depresi adalah dengan menjaga diri kita tetap aktif. Sementara resep dokter hanya akan membuatmu merasa lebih ingin keluar dan melakukan sesuatu, sementara tekadmu sendiri dapat melakukan hal yang sama.

Lakukan Hobimu
Sumber: chardonette.tumblr.com
Sumber: chardonette.tumblr.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x