Mohon tunggu...
Yonathan Christanto
Yonathan Christanto Mohon Tunggu... Penulis - Karyawan Swasta

Moviegoer | Best in Specific Interest Kompasiana Awards 2019

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

"Free Guy", Ingar-bingar Dunia Virtual dalam Sudut Pandang NPC yang Berevolusi

23 Oktober 2021   20:26 Diperbarui: 25 Oktober 2021   02:00 663 12 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jodie Comer dan Ryan Reynolds dalam film komedi aksi Free Guy (2021).(20th Century Studios)

Evolusi video gim yang begitu cepat dan luar biasa dari tahun ke tahun tentu saja membawa banyak perubahan yang begitu signifikan bahkan bisa dibilang mencengangkan. Karena apabila kita melihat berbagai video gim yang ada saat ini kemudian membandingkannya dengan yang rilis di tahun 80-an bahkan 90-an akhir, tentu saja sangat terasa perbedaannya.

Dulu, melihat gim Pac-Man atau seri awal Mario Bros rasanya begitu menakjubkan. Kini, gim tersebut terlihat sangat sederhana jika dibandingkan dengan tren gim open world yang terus berkembang semisal franchise Assassin's Creed, Far Cry, dan Grand Theft Auto yang begitu megah, luas, dan terasa sangat hidup. 

Apalagi ketika fitur online turut disematkan ke dalam gim yang lantas membuat kita bisa berinteraksi dengan banyak pemain dari belahan dunia lain, tentu saja bermain jadi makin mengasyikkan.

Free Guy (Wired.com)
Free Guy (Wired.com)

Perkembangan video gim lantas tak hanya berdampak pada bagaimana cara kita bermain saja, namun juga bagaimana pengalaman kita dalam mengarungi dunia virtual dan berinteraksi tak hanya kepada sesama pemain namun juga kepada para NPC atau Non Playable Characters yang tersebar di sepanjang dunia virtual tersebut. 

Contoh NPC dalam gim Grand Theft Auto yang membuat suasana kota makin hidup (freeware.de)
Contoh NPC dalam gim Grand Theft Auto yang membuat suasana kota makin hidup (freeware.de)

Di mana NPC biasanya memiliki fungsi untuk membuat suasana dunia virtual terasa hidup serta membantu pemain dalam penyelesaian misi yang ada. NPC tidak akan bisa kita kendalikan atau mainkan.

Nah, fenomena NPC yang seringnya tak dianggap penting oleh pemain yang sibuk menaikkan level tokoh jagoan yang dimainkan itulah yang kemudian diangkat dalam film Free Guy.

Free Guy (Sumber: Se7en.ws)
Free Guy (Sumber: Se7en.ws)

Tak seperti Ready Player One yang ceritanya hadir dari sudut pandang seorang gamer, Free Guy justru menangkap ingar-bingar dunia virtual video gim dari sudut pandang karakter yang seharusnya tak memiliki kehendak bebas. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan