Mohon tunggu...
Yolis Djami
Yolis Djami Mohon Tunggu... Dosen - Foto pribadi

Tilong, Kupang.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Air Tilong Mengalir Sampai Jauh

12 September 2021   19:10 Diperbarui: 12 September 2021   19:35 67 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Air Tilong Mengalir Sampai Jauh
Air mengalir: pelajaran.co.id.

 

Mata airmu dari Solo

Terkurung gunung seribu

Air mengalir sampai jauh

Akhirnya ke laut

Anda masih ingat syair di atas, bukan? Tentu semua orang ingat sekali. Syair itu adalah lirik lagu Bengawan Solo, keroncong terkenal Indonesia gubahan Gesang yang sudah mendunia. 

Sebagai bukti bahwa ia mendunia, Anda bisa memintanya pada Mbah Google dan ia akan menunjukkannya. Bahwa banyak orang dari bangsa-bangsa lain mampu menyanyikannya dengan fasih.

Mbah Gesang mau memberitahukan kepada dunia bahwa air Bengawan Solo itu melimpah. Saking melimpahnya sehingga ia mengalir terbuang ke laut. Pastinya setelah dimanfaatkan secara bijaksana oleh masyarakat Solo. Sehingga yang terbuang adalah yang tidak terpakai.

Berdasarkan cerita syair itu, aku terilhami untuk mau juga menceritakan tentang air Tilong. Aku terdorong pula untuk mengungkapkan kepada dunia bahwa Tilong pun berlimpah airnya. Air yang memenuhi kebutuhan hidup masyarakat banyak.

Kami di Tilong memiliki bendungan dengan kapasitas tampung sebesar 19 juta meter kubik. Bendungan ini debangun sejak tahun 1998 dan baru diresmikan di tahun 2002. Peresmiannya dilakukan oleh Presiden Megawati Sukarnoputri pada hari Minggu, 19 Mei 2002. (Liputan6.com., 20 Mei 2002).

Malah diberitakan dalam nttonlineno.com., tanggal 16 September 2016 bahwa kebutuhan air di Kota Kupang bergantung pada Bendungan Tilong. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan