Mohon tunggu...
Yohanes Ishak
Yohanes Ishak Mohon Tunggu... Jurnalis - Penulis Olahraga, Hiburan, dan lain-lain

1 Korintus 10:13 || Jika ingin bekerjasama atau menulis ulang konten yang saya buat, silahkan hubungi email: Yohanes.Ishak92@gmail.com ||

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Pura-pura Bodoh demi Terlihat Pintar

7 April 2021   21:06 Diperbarui: 7 April 2021   21:34 1706
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi gambar Tom and Jerry (Foto: IMDB).

"Anak-anakku, ini bukan air ajaib atau air apapun, ini memang hanya air minum biasa. Wangi Lavender yang kalian rasakan tadi berasal dari botol ini yang sengaja bapak semprot sedikit dengan pengharum ruangan di kamar bapak," jelasnya sambil mengeluarkan parfum kecil dari tasnya.

"Buat kalian yang merasa air dalam gelas ini tidak ada aroma apa-apa itu memang benar, buat kalian yang menghirup aroma lavender mungkin karena gelas ini jaraknya tidak jauh dari dalam tas bapak jadi aromanya sedikit menyebar."

"Baiklah Jacksen, bisa kamu jelaskan ke kita bagaimana bisa ada aroma apel, anggur, dan kembang? Sambil kamu beri penjelasan saya mau minum dulu, haus," jelas sang guru sambil meminum air dalam gelas.

BACA JUGA: Cerpen: Satu Kebaikan, Mendatangkan Kebaikan Lainnya

Jacksen pun hanya tertunduk dan tidak berani melihat ke teman-temannya sambil menggarukkan kepala.

"Anakku Jacksen, apa yang bapak lakukan ini bukan untuk bikin kamu malu, tetapi agar kamu belajar mengetahui jika ingin terlihat pintar, lakukan yang sebenarnya dan tidak perlu berpura-pura melakukan hal yang aneh atau bodoh," jelas gurunya.

"Kamu sudah terlalu sering dan saya rasa teman-temanmu juga sudah mengetahui tindakan konyolmu, makanya saya ingin kasih kamu sedikit pelajaran. Ini juga berlaku bukan buat Jacksen tetapi juga buat kalian ya," tutup gurunya.

Kita tidak perlu bertindak bodoh atau aneh agar terlihat cerdas, jika memang tidak tahu suatu hal jangan malu-malu bertanya dan jangan pernah merasa sudah tahu padahal sebenarnya kita tidak tahu.

BACA JUGA: Kamisikology (2): Burung Cantik Berwarna Biru

Bukan terlihat pintar yang ada malah makin kelihatan bodohnya. Ilustrasi gambar Tom And Jerry dari kisah mereka berjudul Mouse Trouble ini mungkin sedikit serupa.

Ya memang bertujuan untuk menghibur bagi yang menontonnya, tapi jika diambil kesimpulan ada hal yang serupa dengan kisah Jacksen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun