Mohon tunggu...
Mas Han
Mas Han Mohon Tunggu... Administrasi - Penikmat Kopi dan Belajar Menulis

Arkeolog, Peneliti, Penikmat Kopi, Pecandu Senja, Pencinta Telaga, Belajar Menulis

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Maaf Senior, Tidak Ada Lagi Zona Nyaman

31 Juli 2021   07:02 Diperbarui: 1 Agustus 2021   15:31 1210 45 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Maaf Senior, Tidak Ada Lagi Zona Nyaman
Ilustrasi tim karyawan perusahaan. (sumber: Shutterstock.com via kompas.com)

Tantangan dalam dunia kerja, khususnya di lembaga pemerintah adalah tentang senioritas dan tak ada lagi zona nyaman

Untuk maju semua memiliki peluang dan kesempatan yang sama yakni dengan cara berkompetisi. 

Selama ini ASN, melihat tidak ada ruang kompetisi dalam dunia kerjanya. Semua gampang, tanpa berkompetisi, nyatanya semua dapat diraih, gaji, tunjangan dan sebagainya, tanpa memikirkan target kinerjanya. 

Oh itu dulu, sekarang beda, dan tidak bisa menggampangkan begitu saja. Tidak ada lagi zona nyaman. Semua bekerja sekaligus berkompetisi untuk menjadi pribadi ASN yang terbaik. 

Di samping memang, tidak ada lagi zona nyaman, karena aturan sekarang ASN wajib membuat target capaian kinerjanya dalam setiap hari, bulan dan tahun.  

Sasaran kinerja Pegawai (SKP) adalah instrumen untuk mengukur capaian kinerja ASN. Meski begitu, toh kelihatannya masih saja dianggap oleh sebagian ASN, itu hanya formalitas. Harus bagaimana lagi kalau menghadapi ASN model begini

Rasa-rasanya sulit juga menumpahkan kesalahan pada ASN semata, wong memang regulasinya sampai saat ini masih ada saja yang longgar kok. Oleh karenanya, ini soal kemauan dan niat baik masing-masing personal ASN. 

Selain itu, kembali ke diri ASN juga kok, secara alamiah, kalau kita tidak menunjukkan kinerja yang baik, akan kegulung juga kita, gulung tikar menjadi ASN yang bangkrut. Bukan bangkrut secara ekonomi, tapi bangkrut kepercayaan dirinya, terasing dan terkucil dari dunianya. 

Baik dalam artikel ini, saya akan menceritakan pengalaman  sahabat saya yang menjadi ASN di salah satu lembaga atau instansi pemerintah. 

Katanya, mulai dari jadi ASN bawahan, hingga posisi yang sekarang ini, yang meskipun tidak banyak, namun memimpin anak buah, rasanya memang ini soal kemauan, komitmen dan semangat untuk melakukan yang terbaik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN