Mohon tunggu...
Winarno MTsN 1 Bandar Lampung
Winarno MTsN 1 Bandar Lampung Mohon Tunggu... Guru - guru
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Guru gemar fotografi, citytour dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Indahnya Berbagi

24 Juli 2023   17:11 Diperbarui: 24 Juli 2023   18:27 143
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Memasuki hari keempat kegiatan refreshment Fasilitator pada sesi siang adalah Materi Teknik Fasilitasi, bersama bapak Erick Kemal. Peserta dilibatkan secara aktif dalam kegiatan ini dengan meminta peserta untuk sharing pengalaman dalam melaksanakan tugas sebagai narasumber dalam berbagai kegiatan pelatihan. 

Sebagai kegiatan awal narasumber menayangkan sebuah gambar kubus membentuk huruf L, peserta diminta untuk membagi gambar tersebut ke dalam 4 bagian dengan masing-masing bagian memiliki sama bentuk dan sama ukuran. Beberapa peserta mencoba menggambar dan menunjukkan kepada narasumber, melalui berbagai cara ada yang memfotonya lalu mengirimkan melalui kolom chat, ada juga yang menunjukkan langsung di depan kamera. 

Kemudian narasumber mengutip suatu peryataan: 

Saya dengar saya lupa

Saya lihat saya ingat, dan

Saya mencoba, saya bisa

Lalu meminta peserta untuk raisehand melalui icon reaksi yang ada di aplikasi zoom, namun beberapa peserta lebih suka menuliskannya di ruang chat, berikut ini pernyataan mereka;  

  • Rina Andriani,S.Pd _ MTsN 2 SOLOK : "Dalam pembelajaran saya lebih cendrung untuk memprakterekan semua aktifitas dalam pembelajaran karena membuat siswa aktif karena pembelajaran kita students' oriented guru hanaya seabagai moderator."
  • Efa Latifah; "Yang sering banyak Latihan/melatih itulah yang paling menjanjikan keberhasilan/kesuksesan."
  • Alistyono: "Konsep nya setelah siswa listen and watch material tentunya diberikan penugasan yang berhubungan dengan materi yang sudah di jelaskan 30 % explain 70 % practice.
  • SRI SUWARNI,S.Pd;"Usaha tidak mengkhianati hasil."
  • Winarno: "Kurangi teacher talking time, perbanyak students' talking time."
  • Nur Rahma Daini: "Yang pertama kita harus lakukan siswa senang dengan kita dulu. Like what I did, I become model first."
  • Ida: "The more we do the more we get."
  • Nurleini: "Banyak kerja banyak hasil."
  • Wikarti: "Banyak praktik daripada teori."
  • Nurbaeti Halik : "Dalam pembelajaran yang kami laksanakan menggunakan model role play."
  • Saneng : "Setelah teori seharusnya selalu ada praktek."
  • Siti Zahara : "More practices"
  • Heridayani : "The more I learn, the more I realize"
  • Hasnirwana Hasnirwana : "Dalam belajar saya cenderung untuk mempraktekkan daripada hanya menghafalkan,saya cenderung untuk mengingat apa yang dilakukan bukan yang dibacakan.
  • Yenni, S.Pd : "Siswa harus diberi ruang untuk praktek."
  • Nur Rahma Daini: "Kita harus jadi idola dulu...."
  • Hendrianoor: "You fail when you don't try."
  • Nurbaeti Halik: "Dalam pembelajaran ya... mengapa role play karena siswa akan ingat terus apa yang pernah mereka perankan."
  • Ana Yudha: "Apa yang di praktikkan oleh siswa maka hal itu yang akan lebih dipahami. Intinya praktik langsung. Contohnya speaking."
  • M. ZUSUF ABIDIN: "Setiap anak pasti ada kelebihannya, jangan dilihat kekurangannya, pendidik harus tahu potensi yang ada pada masing-masing anak, Don't think the bad first buat look for the good one."
  • Sudirman; "HAKIKAT PENDIDIKAN ITU ADALAH MEMANUSIAKAN MANUSIA"
  • Widi Widayati : "Pembelajaran dengan mempraktekan lebih baik daripada hanya melihat atau mendengarkan."
  • Ali Mahsun:  "Practice makes Perfect."
  • Zulfa Alany "Pendekatan pembelajaran: MIKIR, siswa diajak untuk mengalami, Interaksi, komunikasi dan refleksi untuk menemukan konsep baru."
  • Suaidi: "Pembelajaran adalah proses penyampaian  ilmu dan pengembanagan keterampilan dengan fokus pada karakteristik siswa untuk mengotimalkan proses penggalian kompetensi dan bakat peserta didik."
  • ASEP AHMAD ZA: "Tehnik yang ketiga yang paling bagus, melibatkan siswa, I get involve I understand."
  • Hanik Fauziah : "Secara prinsip, konsep confusius ini merupakan konsep dasar yg bagus bagi para pendidik, walaupun untuk yg sekarang ini konsep ini sudah semakin dikembangkan oleh ahli pendidik luar negeri sehingga ada C4, bahkan ada C7."
  • Siti hajar Husni Siregar: "More practice."
  • Ris Aprizal : "We have two ears and one mouth so that we can listen twice as much as we speak."
  • Aris : "Apa yang kita dengar lihat dan lakukan ..maka akan banyak yang ilmu yang kita dapatkan."
  • ATIK YULIANA : "satu Contoh itu lebih mengesankan daripada seribu kata-kata."
  • Subaikhah : "Dengan melakukan sesuatu siswa akan paham."
  • Zulfa Alany : "Model pembelajaran yg mengutamakan keaktifan siswa sesuai dengan slogan confusius."
  • Isnawati R :  "Experience is the best teacher."
  • Marco Virus : "Inti dari ucapan konfusius tersebut adalah pengalaman, dengan mengalami langsung maka manusia akan mengingat sebuah peristiwa dalam hal ini pembelajaran dengan baik dalam waktu yang lama."
  • Aa Surahmat: "Practise makes perfect."
  • SRI ADHANI : "Learning by doing or experiencing."
  • ISARATUN: "Apa yang dikatakan oleh Confusius ini sejalan dengan Dale's Cone Learning Theory... Ketika siswa belajar dengan mendengarkan tingkat keberhasilan hanya 5%, sedangkan jika siswa belajar dengan melihat maka keberhasilannya berkisar 10%, jika siswa belajar dg mengerjakan atau mempraktekkan hal yang dipelajari maka keberhasilannya sekitar 70%."
  • Nurwahida Latif: "Saya senang begerak, maka ajari saya sambil melakukan sesuatu. saya senang nenonton, maka ajari saya dengan sambil melihat sesuatu."
  • Indah Ekiyanti : "Ketika guru mengajar hanya dg berceramah/ teori mungkin siswa paham saat itu etapi akan segera melupakan
    Jika menggunakan media visual atau audio anak paham dan ingat ttp blm tentu bisa. Tetapi ketika dalam kegiatan belajar siswa dilibatkan dalam belajar, mempraktekkan  maka siswa akan paham dan bisa melakukan /menerapkan dalam kehidupannya."
  • Subaikhah : "Ketika guru berceramah di depan kelas, anak biasanya sering lupa bila ditanyakan kembali. Ketika guru mengajar dgn memperlihatkan sesuatu maka anak akan ingat apa yg dia lihat. Ketika guru mengajar dgn mempraktekan kpd siswa maka siswa tsb akan mengerti. Dan siswa yg sdh paham maka siswa tsb bisa mengajarkan kpd orang lain"
  • Dina Andriyanti: "MAKSUDNYA SAMPAIKAN WLPN HANYA 1 AYAT, MAKSUDNYA JADI ORANG HARUS BERMANFAAT UNTUK ORANG LAIN."
  • SRI ADHANI: "Maksudnya semua siswa berhak berpendapat/ menyampaikan apa yang mereka rasakan."

Selain berbagi pendapat terhadap topik bahasan, sebagian peserta juga berbagi kondisi mereka saat menjalani kegiatan ini;  sebagian peserta menulis; 

  • Mohon izin off cam, signalnya kurang bagus
  • Maaf sy off cam, krn unstable signal
  • suara putus-putus
  • Ma'af lg di jalan
  • izin off ganti device
  • Maaf terlambat..Saya pikir tadi kita masih link lama.
  • Baru masuk lagi,td terlempar, sinyal bermasalah
  • Presensi kapan nggih
  • ijin leave ganti laptop
  • bisa dikirim ulang link absenxsoalx sempat eror laptop
  • Ijin off camera, ada jam ngajar
  • Izin, off camera, di kelas
  • materinya share ya pak
  • Ijin leave. Mau ganti ke HP
  • Maaf ..izin off camera ...nyambi rapat
  • maaf ijin ganti device ya..

Nah, bagaimana pengalaman anda saat mengikuti kegiatan melalui teleconferensi?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun