Mohon tunggu...
Wildhan Ayu Syahputri
Wildhan Ayu Syahputri Mohon Tunggu... Mahasiswa

NIM : 20111024 Kelas : 1A STIAMAK Like to write short horror story,traveling ,and drawing

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Istana Air dan Hutan Pinus Mempesona di Daerah Istimewa Yogyakarta

21 Oktober 2020   19:46 Diperbarui: 23 Oktober 2020   06:50 88 9 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Istana Air dan Hutan Pinus Mempesona di Daerah Istimewa Yogyakarta
www.befreetour.com

dibuat oleh Wildhan Ayu Syahputri

Jika anda berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta,tidak lengkap rasanya jika anda tidak mengunjungi Istana Air Taman Sari, apa sih Istana Air Taman Sari itu? . 

Dikutip dari id.wikipedia.org ,   Istana Air Taman Sari adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, yang dapat dibandingkan dengan Kebun Raya Bogor sebagai kebun Istana Bogor. Kebun ini dibangun pada zaman Sultan Hamengku Buwono I (HB I) pada tahun 1758-1765/9. 

Awalnya, taman yang mendapat sebutan "The Fragrant Garden" ini memiliki luas lebih dari 10 hektare dengan sekitar 57 bangunan baik berupa gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, maupun danau buatan beserta pulau buatan dan lorong bawah air. 

Kebun yang digunakan secara efektif antara 1765-1812 ini pada mulanya membentang dari barat daya kompleks Kedhaton sampai tenggara kompleks Magangan. Namun saat ini, sisa-sisa bagian Taman Sari yang dapat dilihat hanyalah yang berada di barat daya kompleks Kedhaton saja. 

Untuk memasuki area Istana ini,anda akan dikenakan biaya sebesar Rp5.000 untuk wisatawan lokal,dan Rp15.000 untuk wisatawan mancanegara, tapi perlu diingat juga bahwa Istana Air Taman Sari buka mulai pukul 09.00 - 15.00 WIB, dan saya sarankan sudah anda sudah stand by atau mengantri diluar area pembelian tiket, karena jika anda datang sedikit lebih siang maka area pembelian tiket sudah ramai akan pengunjung dan anda terpaksa mengantri lebih lama. 

Saat masuk anda akan disuguhkan oleh kolam air yang berada di tengah Istana dengan jalan penyebarangan diatas kolam air tersebut. Berikut foto yang saya ambil saat saya berkunjung ke Istana Air Taman Sari setahun yang lalu :

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi.
dokumentasi pribadi.
Saat anda selesai menelusuri seluruh area Istana,ketika menuju arah keluar Istana maka anda akan melewati jalan perumahan warga yang berada didalam area istana tersebut, beberapa warga banyak yang menjual kerajinan tangan,terutama batik tulis maupun cetak yang berkualitas bagus untuk dibeli sebagai dekorasi rumah atau oleh-oleh.

Hutan Pinus Mangunan

Setelah mengunjungi Istana Air Taman Sari, saya melanjutkan perjalanan ke Hutan Pinus Mangunan, hutan pinus ini terletak didaerah Imogiri,Bantul. Untuk mengunjungi Hutan Pinus Mangunan anda harus menempuh 1,5 jam perjalanan dari kota Yogyakarta, karena daerah hutan pinus ini tergolong rumit dan jauh sebab berada di dataran tinggi. 

Harga tiket masuk untuk area hutan pinus sebesar Rp3.000/orang, untuk area panggung hutan sebesar Rp2.500/orang ,dan untuk setiap spot foto akan dikenakan biaya Rp2.000/spot. Untuk biaya parkir, dikenakan biaya parkir sebesar Rp3.000 untuk motor, Rp5.000 untuk mobil,dan Rp10.000 untuk bus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x