Mohon tunggu...
Widodo Surya Putra (Mas Ido)
Widodo Surya Putra (Mas Ido) Mohon Tunggu... Kary. Swasta - Penulis 2 buku

Arek Suroboyo | A Journalist Wannabe | 1,9K IG Follower

Selanjutnya

Tutup

Catatan

We Serve Better (Testimoni about RR Elika, Bandungan)

1 Oktober 2012   07:56 Diperbarui: 24 Juni 2015   23:25 735
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gbr.1 Papan nama RR Elika terlihat "cantik"

Saya tidak tahan terlalu lama menunggu untuk menuliskan mengenai kesan manis yang saya peroleh ketika menginap di Rumah Retret Elika (RR Elika), Bandungan, Kab. Semarang.

Saya menginap di RR Elika bersama rekan-rekan PPA IO-775 (sebuah pelayanan pendampingan anak yang berlokasi di Yogyakarta) pada penghujung September 2012 kemarin (29-30/9).

Slogan “We Serve Better” yang bisa kita lihat pada blog resmi RR Elika (http://rrelikabandungan.blogspot.com/) bukanlah sekadar “pemanis bibir” untuk mendatangkan konsumen ke RR Elika, melainkan benar-benar terbukti.

Sedikitnya ada tiga catatan yang meninggalkan kesan manis dalam hati saya selama dua hari lalu:

1) Kebersihan

Top, angkat jempol dua, luar biasa! Itulah yang bisa saya katakan melihat sendiri kebersihan RR Elika. Mulai dari kamar tidur, toliet, ruang makan, aula, tangga, koridor, sampai halaman depan begitu terjaga kebersihannya.

Kesigapan para pekerjanya juga layak mendapatkan pujian. Begitu kami selesai makan, ada beberapa orang segera membereskan semua peralatan makan dan membersihkan ruangan dan meja makan. Seperti tidak terlihat bahwa tempat tersebut baru saja dipergunakan untuk bersantap oleh sekumpulan orang berjumlah puluhan jiwa.

Begitu pula setelah kami menyelesaikan sesi demi sesi pada hari Sabtu (29/9) sekitar pukul 22.30. Lagi-lagi ada beberapa petugas langsung take-action membersihkan aula dan menata ruangan dengan sangat rapi.

Kebersihan juga terlihat di kamar tidur dan kamar mandi. Sangat bersih sehingga saya bisa tidur dengan sangat nyenyak dan mandi dengan sangat nyaman (ada air panasnya juga lho...)

Acungan jempol juga saya berikan terhadap para petugas kebersihan kamar. Begitu semua peserta dipastikan cabut dari ruangan, terlihat dua orang dengan sigap membereskan kamar dan mengganti SEMUA sarung bantal dan seprai. Orang yang sama juga terlihat membersihkan “ruang tamu” di setiap lantai gedung yang kami tempati.

13490774591722893738
13490774591722893738

Gbr. 2: Kamar mandi gedung Betania lantai 3

1349077507334857509
1349077507334857509
Gbr. 3 Wastafel depan kamar mandi lengkap dengan colokan listrik

2) Ajakan untuk menempatkan peralatan makan pada tempatnya

Tepat di sebelah wastafel ruang makan, Anda akan melihat dua gerobak untuk meletakkan peralatan makan dan minum setelah selesai digunakan. Sebelah atasnya ada tulisan “Tempat Piring & Gelas Kotor”. Memang tidak diharuskan untuk meletakkan peralatan makan dan minum di sana setelah selesai bersantap, tetapi tanda ini sudah lebih dari cukup untuk membuat saya dengan sukarela menaati apa yang tertulis di sana.

1349077571302736409
1349077571302736409
Gbr. 4 Tempat meletakkan peralatan makan

3) Layanan yang sigap dan ramah

Seperti catatan pada poin 1 di atas, kesigapan para petugas RR Elika patut mendapat apresiasi dan pujian. Mereka juga ramah. Tidak pernah sekalipun saya melihat ada petugas yang cemberut atau memasang muka masam.

Kesigapan juga terlihat ketika saya meminta sendok sayur tambahan untuk mempercepat antrian di meja makan, saya tidak perlu menunggu lama,barang tersebut sudah diberikan kepada saya.

13490780551988920252
13490780551988920252
Gbr.5 Pengganti sarung bantal dan seprai

Pada gambar di atas, terlihat tumpukan sarung bantal dan seprai sudah ditata rapi dan siap untuk dipasang beberapa jam sebelum kami semua berkemas meninggalkan kamar masing-masing.

******

Beberapa catatan tersebut membuat saya tidak ragu untuk menceritakan kepada beberapa anak yang saya bimbing. Sekali lagi, saya sungguh terkesan dengan layanan bintang lima yang ditunjukkan oleh RR Elika.

Mungkin jika ada keberatan hanya satu hal, yakni berkaitan dengan aktivitas merokok yang dilakukan oleh beberapa pegawai kebersihan dan petugas keamanan. Bagaimana jika seluruh petugas, paling tidak selama bekerja, tidak diperkenankan untuk merokok, kesegaran udara di sekitar Bandungan pasti lebih mantap dirasakan jika bebas dari gangguan asap rokok.

******

Namun, terlepas dari sedikit "kekurangan" di atas, secara keseluruhan, RR Elika HIGHLY RECOMENDED jika Anda ingin mencari penginapan untuk acara komunitas, lembaga, persekutuan, atau acara keagamaan. Kiranya ketiga poin di atas juga bisa menjadi catatan bagi kita yang bergerak dalam bisnis penginapan, baik dalam skala kecil maupun besar.

Jika pelanggan/konsumen puas, tanpa disuruh atau dibayar mereka akan dengan senang hati untuk menginformasikan kepada orang lain. Salah satunya saya yang tidak akan ragu untuk meluncur ke RR Elika ketika suatu saat harus bepergian, baik secara pribadi maupun kelompok, dan harus menginap.

Sekian. Semoga tulisan ini bermanfaat. Amien!

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun