Mohon tunggu...
Walentina Waluyanti
Walentina Waluyanti Mohon Tunggu... Menulis dan berani mempertanggungjawabkan tulisan adalah kehormatan.

Dilarang plagiat! Hindari berurusan dengan hukum. Email: walentina.waluyanti@upcmail.nl Youtube channel: Kiki's Mom Website: Walentina Waluyanti

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Gouda, Kota Asal Keju dan Wafel Belanda yang Mendunia

27 Mei 2021   05:46 Diperbarui: 28 Mei 2021   01:30 312 30 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gouda, Kota Asal Keju dan Wafel Belanda yang Mendunia
Kedai keju di kota Gouda (Sumber: Dokumentasi pribadi)

Keju dan wafel? Di Belanda, kedua jenis makanan ini resmi tercatat sebagai bagian dari ikon budaya. Di bandara Schiphol di Amsterdam, keju dan wafel banyak dijumpai di gerai-gerai yang menjual oleh-oleh khas Belanda.

Keju Belanda yang paling terkenal adalah keju Gouda. Popularitas keju Gouda memang bermula dari kota Gouda. Kota ini terletak di provinsi Zuid Holland berpenduduk 71.799 jiwa. Yang juga membuat kota Gouda menarik untuk dikunjungi, karena di kota ini terdapat toko sekaligus pabrik wafel tertua di Belanda. (Video di akhir tulisan).

Bicara tentang keju dan wafel Belanda, belum lengkap rasanya kalau belum mengunjungi kota Gouda. Ada slogan yang terkenal di antara orang Belanda, yaitu, "Menyebut keju artinya menyebut Gouda" (bahasa Belandanya, "Zeg je kaas dan zeg je Gouda").

Selain itu, yang menambah daya tarik, di kota Gouda juga orang bisa membeli keju dari berbagai negara.

Keju dari berbagai negara juga dijual di kedai keju di kota Gouda (Sumber: Dokumentasi pribadi)
Keju dari berbagai negara juga dijual di kedai keju di kota Gouda (Sumber: Dokumentasi pribadi)
Dinamakan keju Gouda, karena dari kota inilah keju-keju dari petan-petani di sekitar wilayah Gouda diperdagangkan. Tapi sekarang makna keju Gouda bisa juga berarti merk dagang dari produksi keju yang memakai nama "Gouda".

Perdagangan keju di Belanda adalah salah satu penopang ekonomi negara. Sampai sekarang, Belanda termasuk sebagai salah satu eksportir keju terbesar di dunia.

Keju Gouda tercatat sebagai salah satu keju tertua yang masih terus dibuat. Keju Gouda pertama kali disebut pada tahun 1184. Meskipun sekarang sudah ada teknologi modern, tapi di Belanda ada sekitar 300 petani Belanda yang masih melestarikan cara pembuatan keju Gouda ini secara tradisional.

Pelataran Kantor Balai Kota sebagai Pasar Keju

Kota Gouda, kota asal keju Gouda pernah terkenal selama berabad-abad sebagai pasar keju yang sangat sibuk. Misalnya yang fenomenal terjadi pada tahun 1937, jumlah keju yang diperdagangkan sebanyak 4,5 juta kilo keju. Begitu banyaknya keju-keju itu, sehingga harus ditarik dengan 15.245 gerobak.

Kantor balaikota Gouda yang legendaris. Di pelatarannya, selama ratusan tahun menjadi tempat perdagangan keju yang terkenal (Sumber: Dokumentasi pribadi)
Kantor balaikota Gouda yang legendaris. Di pelatarannya, selama ratusan tahun menjadi tempat perdagangan keju yang terkenal (Sumber: Dokumentasi pribadi)
Lokasi pasar keju di kota Gouda yang terkenal selama berabad-abad, yaitu di pelataran kantor balaikota Gouda. Kantor balai kota ini begitu legendaris sehingga sering menjadi ilustrasi dari kemasan cemilan khas Belanda, misalnya kemasan keju, wafel Belanda. Atau juga menjadi gambar hiasan keramik.

Setelah pembuatan keju beralih ke pabrik-pabrik, fungsi pasar keju di kota Gouda ini perlahan-lahan menghilang pada tahun 1987.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN