Mohon tunggu...
Vlomaya
Vlomaya Mohon Tunggu... VLOMAYA (Komunitas vlogger Kompasiana Pemerhati Budaya)

VLOMAYA (Vlogger Kompasiana Pemerhati Budaya), bagi mereka yang suka menulis, yang suka membuat vlog atau video untuk berbagi. Berbagi apa saja, yang penting bermanfaat. Tagline: 'explore your (local) culture.' Ayo gabung bersama kami di wa group kami. Silakan kirim wa ke: 085313141496 atau email kami di: vloggerkompasiana@gmail.com See you guys .... ;)

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Menulis Ilmiah Populer: Apa yang harus diperhatikan?

19 Mei 2020   00:28 Diperbarui: 14 Juni 2020   11:22 65 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menulis Ilmiah Populer: Apa yang harus diperhatikan?
Kang Bugi sedang menyampaikan materi melalui ZOOM (dokumen: P3SEKPI)


Hari masih pagi menjelang siang, di bulan Ramadan, Selasa 12 Mei 2020, waktu itu waktu sudah menunjukkan sekitar pukul 10 pagi, saat acara Bisonamu #1 akan segera dimulai, dan rombongan calon-calon peserta sudah mulai memasuki ruang pertemuan ZOOM untuk mengikuti acaranya.

Sobat Vlomaya, Bisonamu atau acara mandiri Komunitas Vlomaya yang berarti bincang-bincang santai online nambah ilmu ini merupakan kegiatan komunitas yang memadukan unsur kopdar untuk anggotanya tapi tidak menutup kemungkinan untuk dapat lebih bermanfaat bagi masyarakat yang lebih luas.

Terbukti dari acara Bisonamu yang merupakan kegiatan pertama Vlomaya di tahun 2020 ini, dari target peserta sekitar 20an orang saja, ternyata peminat membludak hingga pada praktiknya, yang bergabung mencapai sekitar 95 orang. Wow, sangat diluar perkiraan kami selaku penyelenggara. Untunglah kapasitas ZOOM yang digunakan dalam pertemuan kali ini mampu menampung peserta hingga 100 orang. 

Para peserta tersebut berasal dari berbagai kalangan dan dari berbagai daerah. Mulai dari Sumatera, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi, Bali, NTB, NTT, hingga Manokwari (Papua).

Acara "Kiat Praktis Menulis Ilmiah Populer" dengan narasumber kang Bugi (Peneliti Sosiologi Lingkungan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) ini merupakan kerjasama kami - Komunitas Vlomaya dengan P3SEKPI (Pusat Litbang Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim).

Acara berjalan sangat lancar, peserta sangat antusias yang menambah semangat kami dalam melaksanakan kegiatan komunitas ini, terutama agar apa yang kami lakukan dapat berbagi dan memberikan manfaat tidak saja bagi kami yang tergabung dalam Vlomaya, tetapi kepada pihak yang lebih luas lagi. Terutama kali ini acara dilaksanakan di bulan Ramadan, semoga dapat berpahala. Informasi kegiatan tersebut dapat dilihat di video Youtube seperti telah di-share  di bagian awal tulisan serta tulisan yang diposting oleh P3SEKPI di websitenya di sini

Tidak lupa dalam materinya, kang Bugi menjelaskan serta menyarankan agar peserta yang belum memiliki akun di Kompasiana agar segera memiliki karena mudah dan banyak manfaatnya. Salah satunya adalah dapat menjadi wahana untuk berlatih menulis ilmiah populer dengan memposting tulisannya nanti di Kompasiana.

Menulis ilmiah populer memiliki peran yang sangat besar dalam menjembatani dunia ilmiah yang penuh ke-njelimetan, menjadi sesuatu yang dapat dicerna dengan mudah dan mudah dimengerti. Namun hal tersebut memerlukan latihan menulis yang banyak, terlebih karena menulis adalah keterampilan. Semakin di asah akan semakin baik. Dan bentuk berlatih menulis ilmiah populer adalah dengan menulis.

Terima kasih kepada P3SEKPI atas kerjasamanya dan kepada seluruh peserta dan panitia yang telah mendukung kegiatan komunitas Vlomaya ini. 

Selamat menulis ilmah populer.

Salam hangat,

Vlomaya

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x