Mohon tunggu...
vita fitriana awaliyah
vita fitriana awaliyah Mohon Tunggu... long life learner

semoga senantiasa dapat memberi kemanfaatan bagi sesama

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Sendang Made, Tempat Sejuk dan Penuh Sejarah di Ujung Kabupaten Jombang

17 Juli 2020   00:41 Diperbarui: 17 Juli 2020   00:29 10 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sendang Made, Tempat Sejuk dan Penuh Sejarah di Ujung Kabupaten Jombang
foto dokumen pribadi

Bagi masyarakat Jombang mungkin tempat ini sudah tak asing lagi. Sendang Made bisa dibilang sebagai ikon kecamatan Kudu, yakni salah satu kecamatan di utara sungai Brantas. Kini sendang made sudah menjadi destinasi wisata budaya andalan di kabupaten Jombang. Terletak di ujung kabupaten Jombang tidak membuat sendang Made sepi pengunjung, setiap hari ada saja pengunjung yang datang terlebih pada hari libur. Dinamakan sendang Made karena letaknya di desa Made kecamatan Kudu kabupaten Jombang.

Konon katanya sendang Made merupakan salah satu peninggalan raja Airlangga. Ada juga yang menyebutkan bahwa sendang Made merupakan tempat istirahat para raja di pulau Jawa. Di Sendang Made sendiri terdapat beberapa kolam atau sendang yang selalu terisi air dan ikan walaupun musim kemarau seperti sendang sinden, sendang omben, sendang drajad dan lain-lain. Paling besar yakni sendang gede yang memiliki ukuran 8 x 11 meter. Sendang Made kerap kali dijadikan sebagai tempat "kum-kum" sinden, yakni sebuah tradisi berendam oleh para sinden di Jombang.

foto dokumen pribadi
foto dokumen pribadi

Sendang Made masih terawat dengan baik, beberapa pohon besar berusia puluhan hingga ratusan tahun masih berdiri kokoh disana. Kolam yang ada juga masih alami sehingga terasa sejuk. Terdapat pendopo yang dapat digunakan untuk istirahat dan berkumpul. Saat ini sudah banyak pedagang makanan kecil yang berada di sendang Made. 

Setiap hari libur banyak pengunjung yang datang bersama keluarga untuk sekedar menikmati kesejukan dan kumpul bersama keluarga. Pada saat tertentu juga biasanya sendang Made digunakan sebagai tempat acara tertentu karena tempatnya yang lumayan luas. Masuk sendang Made tidak dikenakan biaya alias gratis,tetapi jangan lupa jaga kebersihan ya...

foto dokumen pribadi
foto dokumen pribadi

untuk rutenya, pertama pilih arah Kudu / Ngusikan, terdapat 2 pilihan yakni belok di pasar Tapen atau belok di polsek Kudu. Apabila belok di pasar Tapen, silahkan lurus ikuti jalan sampai desa Katemas kemudian belok kanan ke arah timur sekitar 3 km dan sampailah di desa Made, kemudian belok ke kiri untuk masuk ke sendang Made. 

Apabila belok di polsek kudu maka lurus saja ke utara silahkan ikuti jalan yang ada dan sampailah di desa Made, kemudian belok kiri sedikit dan belok kanan untuk masuk sendang Made. Tidak susah untuk menemukan letak sendang Made karena sudah banyak papan petunjuk di sepanjang jalan, selain itu kita bisa mencarinya di google maps. oh ya pesan saya kalau ke sendang Made bawa lotion anti nyamuk atau sejenisnya, sebagai jaga-jaga. 

VIDEO PILIHAN