Mohon tunggu...
Verina Cornelia
Verina Cornelia Mohon Tunggu...

Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Fesyen

Dari Old Media ke New Media-Cewekbanget.id

3 September 2018   23:13 Diperbarui: 6 November 2018   10:18 0 1 0 Mohon Tunggu...
Dari Old Media ke New Media-Cewekbanget.id
Sumber: Cewekbanget.id

Berawal dari majalah remaja putri yang terbit setiap dua minggu, kaWanku bertransformasi menjadi Cewekbanget.id di awal tahun 2017. Seiring berkembangnya teknologi, perubahan perilaku pembaca pun turut mempengaruhi media cetak. kaWanku merupakan media pertama yang beralih dari format cetak ke format digital di grup Kompas Gramedia Majalah. Hadir dengan wajah baru, tak hanya soal fashion dan beauty, Cewekbanget.id juga bicara soal women empowerment.

Terdapat enam karakteristik New Media menurut Lister, yaitu: digital, interactive, hypertextual, networked, virtual dan simulated. Tampil dengan format digital, apakah masing-masing karakter New Media sudah diterapkan pada Cewekbanget.id? Berikut uraiannya.

1.Digital

Sumber: Cewekbanget.id
Sumber: Cewekbanget.id
Cewekbanget.id memiliki karakteristik digital. Data input yang awalnya analog, diproses dan disimpan dalam bentuk angka sehingga dapat dihasilkan dalam bentuk online. Output-nya berupa teks,  grafik, diagram foto serta gambar bergerak. Semua output yang telah disebutkan, terdapat pada situs Cewekbanget.id. Terbukti pada section Involve, Cewekbanget.id menyuguhkan data infografis dan visual yang menarik.


2.Interactive

img-20180904-001656-5b8d71cdaeebe14341402166.jpg
img-20180904-001656-5b8d71cdaeebe14341402166.jpg
Cewekbanget.id menawarkan interaktivitas kepada pembacanya. Pembaca dapat berpartisipasi untuk bertukar informasi melalui kolom komentar yang telah disediakan. Tak hanya itu, bagi pembaca yang suka menulis, Cewekbanget.id juga menawarkan untuk bergabung menjadi creators. Pembaca dapat menulis artikel bertema remaja putri dengan cara sign up terlebih dulu. Artikel dari pembaca akan diseleksi untuk menentukan naik tayangnya. Pembaca tidak hanya menjadi consumers, namun diwadahi menjadi creators juga di section Creator's Room.


3.Hypertextual

Sumber: Cewekbanget.id
Sumber: Cewekbanget.id
Cewekbanget.id menyediakan jaringan tautan ke situs lain, sehingga memudahkan pembaca dalam mencari data. Beberapa teks dalam artikel di Cewekbanget.id terhubung ke situs lain. Apabila teks tersebut diklik, pembaca dengan cepat akan menuju ke situs atau konten yang berbeda.


4.Networked

Sumber: Cewekbanget.id
Sumber: Cewekbanget.id
Cewekbanget.id telah memenuhi karakteristik networked dan memiliki jaringan yang banyak. Pembaca dan konten dapat saling terhubung. Cewekbanget.id terkoneksi dengan fitur media lain seperti Facebook, Twitter, Instagram dan YouTube sehingga pembaca dapat terhubung ke berbagai fitur media.


5.Virtual

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN