Mohon tunggu...
Valencia Bakri
Valencia Bakri Mohon Tunggu... Lainnya - Trisakti School of Management 2017

Trisakti School of Management 2017

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Apa Saja yang Perlu di Perhatikan Saat Menentukan Job Deskripsi?

21 Juni 2021   18:15 Diperbarui: 21 Juni 2021   18:36 25 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Apa Saja yang Perlu di Perhatikan Saat Menentukan Job Deskripsi?
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam suatu perusahaan tentunya ingin memiliki karyawan yang dapat mengerjakan semua job deskripsi sesuai dengan posisi dan divisi masing-masing. Karena karyawan merupakan salah satu aset perusahaan terpenting untuk mencapai visi dan misi perusahaan. Maka dalam proses rekrutmen, perusahaan perlu mencantumkan job deskripsi dengan jelas agar para kandidat yang melamar pun juga sesuai dengan harapan perusahaan. Begitu pun dalam proses interview, selain HRD perusahaan melakukan observasi terhadap kandidat kuat perusahaan biasanya HRD juga menjelaskan dengan lebih rinci mengenai job deskripsi dari kandidat tersebut. Jadi apa saja yang perlu di perhatikan saat menentukan job deskripsi?

Pertama-tama yang terpenting adalah job deskripsi harus sederhana dan tidak bertele-tele. Terkadang Banyak perusahaan mengeluarkan  lowongan pekerjaan dengan job deskripsi yang begitu kompleks. Banyak juga pernyataan tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang membingungkan sehingga diabaikan oleh perusahaan dan kandidatnya. Maka job deskripsi haruslah yang sederhana dan jelas serta berkonsentrasi pada tindakan dan akuntabilitas.

Kedua job deskripsi tidak boleh dilebih-lebihkan atau melebih-lebihkan. Akurasi dan ke-akuratan adalah kunci terpenting dalam menulis job deskripsi. Job deskripsi harus sesuai dan akurat dengan kenyataan yang sebenar-benarnya, agar kandidat tidak mengekspetasikan suatu hal yang berlebihan.

Selanjutnya job deskripsi tidak boleh disamakan dengan profil orang lain. Deskripsi pekerjaan dan profil orang harusnya berbeda. Kemudian job deskripsi harus ditayangkan secara bersama dan sepakat. Dimana uraian pekerjaan tidak boleh ditulis dan ditayangkan berdasakan penulis ataupun pemegang pekerjaan tersebut. Deskripsi pekerjaan yang akan ditayangkan harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya dan disetujui oleh pemegang pekerjaan dan manajer. 

Itulah beberapa point-point yang perlu diperhatikan dalam menentukan job deskripsi agar perusahaan dapat menemukan kandidat yang sesuai yang bisa membawa perusahaan mencapai visi dan misinya secara maksimal.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan