Pengertian psikologi bagi pendidikan
Psikologi adalah ilmu pengetahuan tentang sifat-sifat, karakteristik, dan tingkah laku manusia. Sejak dulu banyak ilmu yang ditemukan oleh guru-guru sebagai psikologi bagi pendidikan.
Pendidikan merupakan suatu proses yang dibutuhkan oleh seseorang untuk menjadi seorang individu yang berusaha untuk membangun dirinya sendiri melalui belajar. Pendidikan juga merupakan suatu proses yang dilaksanakan oleh orang lain untuk membantu setiap individu mendapatkan kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan olehnya dan dapat menjadi pribadi yang baik.
Dalam hal ini, guru menjadi bahan pelajaran bagi siswa melalui. Yang pertama, psikologi dapat membantu mengungkapkan kelemahan dan kemampuan dari anak sehingga ia dapat lebih kreatif, inovatif.
Untuk itu, guru harus menerapkan metode-metode yang memungkinkan anak untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Kedua, psikologi juga memberikan pengertian tentang apa saja yang merupakan bagian dari perkembangan siswa dalam belajar. psikologi menimbulkan beberapa pengertian yang penting bagi pendidikan.
- Psikologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia secara lebih dalam.
- Psikologi memberikan gambaran tentang segala sesuatu yang terdapat di dalam sesuatu itu sendiri, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam kehidupan di masa mendatang.
- Psikologi memiliki banyak kaitan dengan pendidikan dan pembelajaran..
Pengertian Psikologi bagi Pendidikan.
Psikologi, dalam arti komparatif, menurut Sigmund Freud adalah ilmu yang mempelajari tentang kebiasaan, persepsi dan perilaku individu. Sedangkan di bidang pendidikan, psikologi adalah sebuah ilmu yang berkaitan dengan pengertian “menjadi orang yang baik dan sederhana” (Muhammad Arifin). Psikologi juga merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang kejadian-kejadian psiko-sosial dan psiko-sosial yang berkenaan dengan proses belajar anak.
Perkembangan Psikologi Anak dalam Pendidikan
Perkembangan psikologi anak sangat diperlukan untuk menentukan bagaimana cara mengajar sehingga anak dapat mencapai prestasi tertentu pada saat belajarnya. Karena itu Guru memiliki pemikiran yang mendalam untuk mengkaji anak secara khusus dan memberikan tugas-tugas yang sesuai dengan kemampuan dan tipe anaknya.
Dikemukakan oleh David Denison dalam buku “The Psychology of Learning and Instruction”, psikologi merupakan bagian integral dari pendidikan agar mampu mengatasi masalah-masalah atau meningkatkan kesulitan terhadap hasil belajar.
Psikologi anak tentunya dapat membantu siswa dalam berkomunikasi, mengendalikan emosi dan mengembangkan kemampuan berpikir. Menurut C.L. Green (1923), psikologi anak adalah sebuah konsep yang meliputi semua aspek-aspek pengembangan intelektual, emosional dan moral bagi anak.