Mohon tunggu...
Devira NissaSyabilla
Devira NissaSyabilla Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hobi bermusik

Selanjutnya

Tutup

Seni Pilihan

Keminatan Anak-anak terhadap Musik

8 Maret 2024   10:44 Diperbarui: 8 Maret 2024   11:00 82
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Seni. Sumber ilustrasi: Unsplash

Musik adalah salah satu bentuk seni yang memiliki pengaruh besar bagi perkembangan anak. Musik dapat merangsang berbagai indera dan membantu anak-anak dalam belajar dan meningkatkan keterampilan bahasa. Musik juga mengembangkan keterampilan mendengarkan, membaca, dan menulis, meningkatkan kelancaran berbicara, dan komunikasi. Selain itu, musik dapat mencerdaskan otak, mengembangkan keterampilan dan koordinasi motorik, meredakan stres dan cemas, serta meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak.  

Oleh karena itu, sangat penting untuk memperkenalkan musik pada anak sejak dini dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengembangkan bakat musiknya. Namun, tidak semua anak memiliki minat yang sama terhadap musik. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi minat belajar musik pada anak, seperti minat dari diri sendiri, perintah orang tua, pengaruh saudara atau teman sebaya, dan lingkungan sekolah. Dalam artikel ini, penulis akan membahas lebih lanjut tentang minat musik pada anak, faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta manfaat dan tantangan yang dihadapi oleh anak yang belajar musik.

Minat musik pada anak merupakan ketertarikan dan keinginan anak untuk belajar dan menikmati musik. Minat musik pada anak dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain faktor dari diri sendiri. Faktor ini meliputi bakat, kemampuan, kepribadian, dan motivasi anak. Anak yang memiliki bakat dan kemampuan musik tentu akan lebih mudah untuk belajar dan menyukai musik. Anak yang memiliki kepribadian yang kreatif, ekspresif, dan senang berinteraksi juga cenderung lebih tertarik dengan musik. Selain itu, motivasi anak untuk belajar musik juga sangat penting, baik itu berasal dari diri sendiri maupun dari orang lain.

Faktor orang tua yang dimana meliputi peran, dukungan, dan pengaruh orang tua terhadap minat musik anak. Orang tua yang memperkenalkan musik sejak dini, memberikan fasilitas dan bimbingan, serta memberikan pujian dan penghargaan akan meningkatkan minat musik anak. Orang tua juga dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi anak dalam belajar musik. Namun, orang tua harus menghargai pilihan dan kebebasan anak dalam menentukan jenis musik yang disukai, serta tidak memaksakan atau menekan anak untuk belajar musik. 

Faktor saudara atau teman sebaya. Faktor ini meliputi interaksi, komunikasi, dan pengaruh saudara atau teman sebaya terhadap minat musik anak. Saudara atau teman sebaya yang memiliki minat musik yang sama atau berbeda dapat menjadi sumber informasi, diskusi, dan pertukaran pengalaman bagi anak dalam belajar musik. Saudara atau teman sebaya juga dapat memberikan dukungan, motivasi, dan tantangan bagi anak untuk meningkatkan kemampuan musiknya. Namun, saudara atau teman sebaya juga dapat memberikan pengaruh negatif, seperti mengejek, mengkritik, atau mengganggu anak yang belajar musik. 

Faktor lingkungan sekolah. Faktor ini meliputi kurikulum, fasilitas, guru, dan kegiatan ekstrakurikuler yang berkaitan dengan musik. Sekolah yang menyediakan kurikulum yang memadai, fasilitas yang memadai, guru yang kompeten, dan kegiatan ekstrakurikuler yang menarik akan mendorong minat musik anak. Sekolah juga dapat menjadi tempat untuk anak mengekspresikan, menampilkan, dan mengembangkan bakat musiknya. Namun, sekolah juga dapat menjadi hambatan bagi minat musik anak, jika kurikulum, fasilitas, guru, dan kegiatan ekstrakurikuler tidak mendukung atau bahkan mengabaikan aspek musik -Devira-

Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun