Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Danau Plitvice, Andalan Kroasia Menggaet Wisatawan

21 Oktober 2021   10:42 Diperbarui: 21 Oktober 2021   18:47 1130 76 27
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Air Terjun Sastavci dan Veliki Slap- Taman Nasional Danau Plitvice. Sumber: dokumentasi pribadi

Berbagai kata bernada sanjungan segera terdengar begitu air terjun pertama di Taman Nasional Danau Plitvice mulai terlihat. Amazing, Spectacular, Wonderful dan sederet kata pujian lainnya. Betapa tidak, di depan kami terpampang sekelompok air terjun yang sangat menawan hati. Air terjun yang ikut menghiasi belasan danau di Taman Nasional Nomor Satu di negara Kroasia ini.

Bagi pecinta sepak bola dunia, nama Kroasia jelas sudah sangat dikenal. Negara bekas pecahan Yugoslavia ini telah melahirkan banyak pesepak bola kelas dunia. Dari era Zvonimir Boban hingga Ivan Rakitic. 

Namun, Kroasia tidak hanya soal sepak bola. Negeri indah ini juga sangat terkenal dengan keindahan kota-kota tuanya maupun taman-taman nasionalnya.

Kroasia memiliki delapan taman nasional yang tersebar di seluruh negara seluas 56,594 km persegi itu. Namun, adalah Plitvice Lakes National Park dan kota tua Dubrovnik yang telah mengangkat nama Kroasia menjadi salah satu destinasi wisata impian para pelancong dunia.

Taman Nasional Danau Plitvice sendiri adalah taman nasional tertua dan terbesar di Kroasia. Dan predikat ini kian mentereng ketika Danau Plitvice pun berhasil meraih status bergengsi sebagai 'UNESCO World Heritage Site' pada tahun 1979.

Pesona Taman Nasional Danau Plitvice, Kroasia. Sumber: dokumentasi pribadi
Pesona Taman Nasional Danau Plitvice, Kroasia. Sumber: dokumentasi pribadi
Danau Plitvice terletak di kawasan pegunungan Lika yang indah dan asri. Berjarak sekitar 130 km di selatan Zagreb, ibu kota Kroasia atau sekitar 2.5 jam berkendara. Jika tidak menggunakan kendaraan sendiri, Anda masih bisa mencapainya dengan naik bus umum yang berangkat dari Zagreb Central Bus Station yang terletak di Avenija Marina Drzica Street.

Walaupun bisa saja pergi-pulang di hari yang sama dari Zagreb, tetapi tentunya jauh lebih leluasa menikmatinya jika menginap di salah satu hotel di sekitar taman nasional ini. 

Pasalnya, untuk menjelajahi kawasan wisata ini, Anda sedikitnya memerlukan waktu sekitar 4-5 jam. Itupun tidak berarti bisa mengelilingi taman nasional seluas 296,8 km persegi itu.

Kombinasi Danau dan Air Terjun yang indah. Sumber: dokumentasi pribadi
Kombinasi Danau dan Air Terjun yang indah. Sumber: dokumentasi pribadi
Sebagai sebuah taman nasional, Danau Plitvice sangat kondang di kalangan wisatawan, fotografer, dan semua pecinta alam. Pada tahun 2019, Taman nasional ini menyambut hampir dua juta pengunjung yang datang menikmati pesona danau-danau dan puluhan air tejun yang menghiasinya.

Plitvice memang sangat istimewa. Berbeda dengan banyak danau terkenal lainnya di dunia, Taman Nasional Danau Plitvice yang dibentuk tahun 1949 itu sejatinya terdiri dari 16 danau yang tersusun berundak dan terhubung satu sama lain. Hebatnya, danau ini juga dihiasi lebih dari 90 air terjun berbagai ukuran. Fantastis!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan