Mohon tunggu...
Sabila Putri Afifah
Sabila Putri Afifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Jurnalistik yang lagi nyari hobi baru

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Pantai Batu Karas, Pantai Sepi Incaran Wisatawan

16 April 2024   23:29 Diperbarui: 16 April 2024   23:51 89
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemandangan Pantai Batu Karas. | Foto: Sabila Putri

Pantai Pangandaran menjadi salah satu objek wisata yang selalu dipadati oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tidak jauh dari Pantai Pangandaran, terdapat salah satu pantai yang mungkin masih terdengar asing oleh orang-orang. Ya, Pantai Batu Karas. 

Pantai ini terletak 40 km dari Pangandaran dengan jarak tempuh 45 menit menggunakan kendaraan pribadi. Walaupun untuk tingkat keramaian masih jauh dari Pantai Pangandaran, pantai ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. 

Bila dibandingkan dengan Pangandaran, pantai ini relatif sunyi, tenang dan alami. Tempat ini juga dapat menjadi alternatif liburan yang cocok bagi keluarga yang membawa lansia atau anak-anak karena dapat dibilang aman dan penuh ketenangan. Hotel dan penginapan pun tersedia dengan kisaran harga bervariasi namun masing terjangkau. 

Sebagian besar penduduk lokal berprofesi sebagai nelayan yang setiap harinya membawa hasil laut seperti udang, kepiting, dan ikan segar yang akan mudah ditemui di sepanjang jalan dengan harga terjangkau. 

Ada beberapa tempat pelelangan ikan yang selalu dipenuhi baik oleh wisatawan maupun warga lokal yang biasanya memiliki warung makan. Namun, tempat pelelangan ini seringkali tutup jika para nelayan tidak mendapatkan tangkapan yang banyak. 

"Saya tiap pagi selalu nunggu nelayan dateng untuk beli ikan. Tapi kalau musim liburan apalagi lebaran kaya gini, saya sering kalah sama pendatang yang udah booking duluan ke nelayan" ucap Ibu Aah, penjual warung makan dan eceran ikan segar. 

Uniknya, para penjual eceran ikan ini pun mengambil stok langsung dari para nelayan dengan memberikan 'tip' paling besar agar lebih dulu mendapatkan stok dari nelayan.

Pantai Batu Karas yang menjadi tempat favorit para surfer. | Foto: Sabila Putri
Pantai Batu Karas yang menjadi tempat favorit para surfer. | Foto: Sabila Putri

Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang cukup besar dan sering dijadikan arena surfing oleh para surfer baik itu lokal maupun mancanegara. "Bukan cuma lokal aja, sih. Bule-bule banyak yang surfing kesini, misalnya dari Amerika. Malahan, katanya Batu Karas jadi tempat favorit mereka buat surfing" ujar Rifki, pecinta surfing dan anggota komunitas surfing Batu Karas. Tidak heran, Pantai ini sering direkomendasikan sebagai arena berselancar oleh para surfer dan cocok bagi pemula yang ingin belajar surfing. 

Menurut Rifki yang sudah menyewakan papan selancar kepada pengunjung Batu Karas selama 8 tahun ini menyatakan bahwa terdapat beberapa perbedaan signifikan yang Ia rasakan ketika hari biasa dengan libur panjang khususnya libur lebaran. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun