Mohon tunggu...
Masykur Mahmud
Masykur Mahmud Mohon Tunggu... Freelancer - A runner, an avid reader and a writer.

Harta Warisan Terbaik adalah Tulisan yang Bermanfaat. Contact: masykurten05@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Trip Artikel Utama

Menikmati Keindahan Danau Laut Tawar Kota Takengon

16 April 2024   11:13 Diperbarui: 18 April 2024   01:29 256
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemandangan danau Laut Tawar. (Dokumentasi Pribadi)

Tepat di lebaran kedua pada hari Kamis, saya dan keluarga berangkat menuju salah satu destinasi wisata terbaik di Aceh. Perjalanan kami dimulai dari Banda Aceh menuju danau Laut Tawar, Takengon Aceh Tengah.

Takengon terletak di Gayo Lues, Aceh Tengah. Untuk menempuh kota Takengon, saya harus melintasi jalur darat selama lebih kurang delapan jam dari kota Banda Aceh. 

Danau Laut Tawar menawarkan keindahan alam pegunungan dengan suhu dingin. Tidak hanya itu, Gayo Lues juga terkenal sebagai kabupaten penghasil kopi terbaik. Bahkan, Starbucks sendiri memasok kopi dari Gayo. [baca disini

Perjalanan jalur darat ke kota Takengon ditempuh dengan melintasi pegunungan semenjak memasuki kota Bireun. Dari kota Bireun, setidaknya butuh tiga jam untuk tiba di pusat kota Takengon.

Gayo Lues memiliki luas daerah sekitar 5.550 km persegi dengan 11 kecamatan dan 137 kampung. Bagaimana dengan ketinggiannya? Gayo Lues berada di ketinggian 500-2000 meter di atas permukaan laut.


Nah, suhu di sini berkisar antara 18-23 derajat rata-rata. Jadi, siapapun yang berkunjung kesini tidak perlu khawatir dengan suhu panas. Kipas angin dan AC bukanlah kebutuhan di rumah-rumah penduduk. 

Uniknya, Kabupaten Gayo Lues juga kaya akan keanekaragaman bahasa dan suku. Penduduk yang menetap berasal dari berbagai etnis yang hidup akur satu sama lain. 

Tidak heran, jajanan dan kuliner sangat bervariasi dengan sajian kopi terbaik dunia. Kopi Arabika Gayo tidak diragukan lagi kualitas rasa dan tekstur. 

Ada banyak alternatif wisata yang bisa dicoba. Namun, saya hanya berada satu hari saja di kota Takengon. Wisata utama adalah mengunjungi kawasan danau dengan spot wisata beragam.

Luas danau Laut Tawar adalah 70 km persegi. Untuk mengelilingi area danau dari sudut ke sudut dibutuhkan waktu satu jam. Bagi yang suka camping, banyak pilhan area camping dengan pemandangan menakjubkan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun