Mohon tunggu...
Timotius Adhiputra
Timotius Adhiputra Mohon Tunggu... Pendidik dan Kepala Sekolah SD Kristen Terang Bangsa 01 dan 02

Aku orang yang gampang penasaran dan suka banget belajar hal baru—bukan karena teori di buku, tapi karena seru rasanya memahami dunia dari berbagai sudut. Minatku cukup luas: dari pendidikan, karakter anak, seni, hingga hal-hal kecil sehari-hari yang sering bikin aku mikir lebih dalam. Aku lebih suka ngobrol, bereksperimen, dan mencoba langsung daripada hanya menghafal teori. Bagiku, belajar itu perjalanan yang humanis—tentang memahami diri, orang lain, dan bagaimana kita bisa tumbuh bersama. Menulis, bikin ide kreatif, dan merancang sesuatu yang bisa berdampak positif adalah caraku menyalurkan semua rasa ingin tahu itu.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mengaktifkan Pikiran: Rahasia Belajar Efektif a la Neuroscience

8 September 2025   14:00 Diperbarui: 8 September 2025   13:51 31
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sebuah Catatan Pembelajaran oleh Timotius Adhiputra

Pendahuluan

Bagaimana cara membuat materi pelajaran melekat lebih lama di benak siswa? Bagaimana menciptakan pengalaman belajar yang menarik tanpa menyebabkan kebosanan? Kunci utamanya terletak pada merancang pembelajaran yang selaras dengan cara kerja alami otak. Pendekatan Understanding by Design (UbD) menawarkan kerangka untuk merancang pelajaran dengan fokus pada hasil akhir yang diinginkan (Wiggins & McTighe, 2005). Dengan mengintegrasikan wawasan dari ilmu saraf (neuroscience), khususnya jaringan salience, dan strategi manajemen waktu seperti Teknik Pomodoro, pendidik dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perhatian, retensi, dan keterlibatan siswa. Artikel ini membahas peran jaringan salience sebagai "manajer prioritas otak" dan bagaimana Teknik Pomodoro dapat diintegrasikan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, dengan penyesuaian untuk konteks pendidikan Indonesia.

Mengapa Ilmu Otak Penting dalam Pendidikan?

Neurosains memberikan wawasan tentang cara otak memproses, menyimpan, dan mengambil informasi, yang krusial untuk merancang strategi pengajaran yang efektif (Medina, 2008). Dengan memahami mekanisme perhatian dan memori, pendidik dapat melampaui metode tradisional dan menciptakan pengalaman belajar yang selaras dengan fungsi kognitif alami otak. Perhatian adalah gerbang menuju pemahaman yang lebih dalam, dan jaringan salience memainkan peran sentral dalam mengarahkan sumber daya kognitif ke informasi yang relevan (Menon & Uddin, 2010). Dalam konteks pendidikan, memahami jaringan salience memungkinkan pendidik untuk merancang pelajaran yang memaksimalkan fokus dan keterlibatan siswa.

Apa Itu Jaringan Salience?

Jaringan salience adalah sistem saraf yang mengidentifikasi dan memprioritaskan informasi penting dari lingkungan (Seeley et al., 2007). Terdiri dari area otak seperti insula anterior dan korteks cingulate anterior, jaringan ini bertindak sebagai "penjaga gerbang" yang menyaring rangsangan yang tidak relevan dan mengarahkan perhatian ke informasi yang signifikan. Misalnya, saat siswa belajar di kelas yang bising, jaringan salience membantu mereka fokus pada penjelasan guru sambil mengabaikan gangguan seperti suara teman atau kebisingan dari luar (Menon & Uddin, 2010). Dalam pembelajaran, jaringan ini krusial untuk membantu siswa berkonsentrasi pada konsep kunci, meningkatkan retensi, dan mengurangi kelelahan kognitif.

Bagaimana Jaringan Salience Bekerja dalam Pembelajaran?

Jaringan salience diaktifkan oleh empat pilar utama yang memengaruhi perhatian (Immordino-Yang & Damasio, 2007):

  1. Kebaruan (Novelty): Otak secara alami tertarik pada informasi baru atau mengejutkan. Misalnya, memperkenalkan fakta unik dalam pelajaran sejarah atau eksperimen sains yang tak terduga dapat menarik perhatian siswa.
  2. Emosi (Emotion): Konten yang membangkitkan respons emosional, seperti cerita inspiratif atau video yang menyentuh, lebih mudah diingat karena jaringan salience memprioritaskan pengalaman emosional.
  3. Relevansi (Relevance): Informasi yang terhubung dengan pengalaman pribadi atau tujuan siswa lebih menarik. Misalnya, menghubungkan konsep matematika dengan pengelolaan anggaran pribadi meningkatkan keterlibatan.
  4. Masukan Multisensori (Multisensory Input): Aktivitas yang melibatkan indera seperti penglihatan, pendengaran, dan sentuhan memperkaya pengalaman belajar, seperti dalam eksperimen sains langsung atau simulasi interaktif.

Dengan memanfaatkan pilar-pilar ini, pendidik dapat merancang pelajaran yang mengaktifkan jaringan salience, meningkatkan fokus, dan memperkuat hasil belajar (Jensen, 2005).

Tantangan Mengelola Perhatian di Kelas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun