Mohon tunggu...
Thurneysen Simanjuntak
Thurneysen Simanjuntak Mohon Tunggu... Guru - Nomine Kompasiana Awards 2022 (Kategori Best Teacher), Pendidik, Pegiat Literasi, serta Peraih 70++ Penghargaan Menulis.

www.thurneysensimanjuntak.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Peran Strategis Guru dalam Memerangi Hoax

9 November 2017   11:34 Diperbarui: 9 November 2017   17:31 972
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pernah menerima dan membaca sebuah pesan seperti tulisan berikut? Saya sendiri berkali-kali menerima pesan tersebut melalui sebuah whatsapp group. Menurut saya tulisan tersebut sangat relevan dengan situasi dan permasalahan terkini.

*

Konon, suatu sore Socrates bertemu dengan seorang kenalannya. Kenalannya berkata " Apakah Anda sudah tau cerita tentang teman Anda?

"Tunggu sebentar" jawab Socrates,

"Sebelum Anda mengatakan sesuatu tentang teman saya, saya mau tanya tiga pertanyaan berikut" kata Socrates.

"Pertama tentang kebenaran, apakah Anda yakin akan bahwa yang Anda katakan tentang teman saya adakah sebuah kebenaran?"

"Tidak terlalu," jawab pria itu. "Saya pun sebenarnya hanya mendengar cerita tersebut dari orang lain."

"Baiklah" Jawab Socrates, "Jadi Anda tidak benar - benar tahu akan kebenaran cerita yang akan Anda katakan kepada saya mengenai teman saya tersebut?"

"Kedua tentang kebaikan, apakah yang Anda ceritakan itu adalah suatu hal yang baik mengenai teman saya?"

"Tidak, itu adalah hal yang kurang baik" Jawab pria itu.

"Oh.. begitu?" Socrates berkata sambil mengangguk -angguk kecil,  "Anda bermaksud menceritakan hal yang tidak baik mengenai teman saya, disamping itu Anda tidak tahu pasti kebenarannya?, Tapi baiklah, cerita Anda bisa saja tidak perlu saya abaikan setelah Anda menjawab pertanyaan saya yang ketiga" Kata Socrates.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun