Mohon tunggu...
Thoriq
Thoriq Mohon Tunggu... Lainnya - Random

Random Guy

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Pro dan Kontra Citayam Fashion Week

5 Agustus 2022   15:05 Diperbarui: 5 Agustus 2022   15:42 6496 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Citayam Fashion Week, merupakan sebuah event local yang serupa dengan Paris Fashion Week. Akan tetapi, perbedaan dari Citayam Fashion Week dengan Paris Fashion Week adalah orang atau anggota yang mengikuti event tersebut. 

Paris Fashion Week diikuti oleh bintang-bintang internasional yang sudah melanglang buana di dunia permodelan dan menggunakan pakaian yang branded, anggota atau orang yang mengikuti event dadakan Citayam Fashion Week tersebut rata-rata adalah sekumpulan anak muda yang berasal dari Citayam dan menggunakan pakaian-pakaian produk local.

Mereka yang mengikuti Citayam Fashion Week merupakan anak-anak muda yang rata-rata berasal dari Citayam, Bogor dan mengenakan pakaian yang sangat mencolok dan sangat menarik perhatian. Maka dari itu, disebutlah Citayam Fashion Week. 

Event dadakan ini berada di Kawasan Stasiun MRT Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Tepatnya di zebra cross dekat Terowongan Kendal. Mereka yang mengikuti acara Citayam Fashion Week memiliki julukannya sendiri yaitu SCBD atau Sudirman, Citayam Bojonggede dan Depok.

Citayam Fashion Week secara tidak langsung membuat perspektif atau cara pandang khalayak terhadap anak-anak Citayam berbeda-beda, ada yang menganggap mereka merupakan sekumpulan anak-anak yang "alay" dan juga ada yang menganggap mereka merupakan sekumpulan anak-anak yang kreatif.

Khalayak yang mengatakan mereka (anak-anak Citayam) alay karena cara berpakaian mereka yang sangat tidak biasa dan khalayak menganggap bahwa cara berpakaian mereka sangatlah diluar nalar. Sebutlah Bonge, salah satu tokoh yang sering bermunculan di berbagai media sosial mulai dari TikTok hingga Instagram. 

Bonge mulai terkenal karena aksinya di Citayam Fashion Week. Ia terkenal karena cara berpakaiannya yang sangat menarik perhatian dan sangat-sangat tidak biasa dan terkesan berlebihan dalam berpakaian.

Meskipun demikian, tidak sedikit juga khalayak yang mengapresiasi mereka, karena mereka sudah jauh-jauh datang ke Jakarta hanya untuk berpose di zebra cross. 

Mereka yang pro dengan Citayam Fashion Week memiliki anggapan bahwa lebih baik mereka melakukan kegiatan seperti itu dibandingkan mereka melakukan kegiatan yang jelas-jelas merugikan diri mereka sendiri, seperti melakukan tindakan kriminal atau pergaulan bebas. Tidak hanya itu, mereka juga beranggapan bahwasanya hal tersebut merupakan sebuah kegiatan positif.

Sejak viralnya Citayam Fashion Week, banyak tokoh public yang juga turut mengikuti kegiatan tersebut, seperti pasangan Baim Wong & Paula Verhoeven. Mereka sempat membuat konten Citayam Fashion Week di kanal YouTube mereka. Konten mereka berisikan bagaimana cara mereka mengajari para anak-anak Citayam untuk berpose layaknya di catwalk. 

Tidak hanya itu, pasangan selebritis tersebut hingga mendaftarkan Haki nama Citayam Fashion Week menjadi sebuah nama produk baju.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan