Mohon tunggu...
Teguh Ari Prianto
Teguh Ari Prianto Mohon Tunggu... Penulis - Tutor

Praktisi sosial budaya dan literasi masyarakat. Tutor PKBM Sukamulya. Alumni FISIP Universitas Al-Ghifari. Tinggal di Bandung

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Cinambo: Kampung Wisata Literasi di Perkotaan

25 Agustus 2022   16:18 Diperbarui: 25 Agustus 2022   20:18 269 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Seorang anak tengah bermain di lokasi Kampung Wisata Kreatif Literasi Kecamatan Cinambo Kota Bandung, berdekatan dengan prasasti peresmiaan kampung wisata. Dokpri

Sebuah kecamatan di Kota Bandung telah ditetapkan menjadi Kampung Wisata Literasi oleh Walikota Bandung, Oded M. Daniel (alm) pada tanggal 1 Desember 2021.Kecamatan tersebut adalah Kecamatan Cinambo Kota Bandung.

Kecamatan Cinambo terletak di Bandung Timur, berbatasan dengan Kecamatan Ujungberung di sebelah Utara, Kecamatan Gedebage disebelah Selatan, Kecamatan Panyileukan disebelah Timur dan Kecamatan Arcamanik disebelah Barat.

Kecamatan yang terbelah oleh jalan utama yaitu Jalan Rumah Sakit Ujungberung itu, terkenal dengan kawasan indrustri dan padat penduduk. Cinambo menjadi kecamatan pemekaran dari Kecamatan Ujungberung tahun 2006/2007 silam.

Perkembangan Cinambo sebagai kecamatan baru, berjalan baik dan kali ini punya predikat baru sebagai destinasi wisata literasi di perkotaan.

Proses yang cukup unik, berbekal kebijakan walikota terpilih dalam perhelatan pemilihan kepala daerah di Kota Bandung pada 2018, yang mencanangkan seluruh kecamatan di Kota Bandung memiliki destinasi wisata, Kecamatan Cinambo menggali potensi daerahnya dan menemukan keunggulan bidang literasi.

Inspirasi menjadi kampung wisata literasi lahir dari suatu perjalanan panjang para pegiat literasi, Rd. Nonih Suarsih, bersama sejumlah tim kreatifnya giat sosialisasi literasi dalam aktivitas hariannya.

Beberapa bibit kegiatan literasi yang fundamental kemudian menjadi dasar terbangunnya ide-ide kampung wisata ini adalah sebuah program "Kampung Literasi" dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2017. 

Program Kampung Literasi dilaksanakan oleh Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sukamulya Cerdas kemudian berlanjut menjadi kegiatan-kegiatan berikutnya seperti Gerakan Minggu Membaca (Gemma) Cinambo, Gerakan Indonesia Membaca (GIM) tingkat Kota Bandung dan kegiatan literasi lainnya.

Basic keunggulan Kampung Wisata Literasi saat ini yaitu implementasi enam dasar literasi yang terdiri dari: literasi baca tulis, literasi numerik, literasi saint, literasi finansial, literasi digital dan literasi budaya kewargaan.

Enam literasi dasar di Kampung Wisata Kreatif Cinambo ini prakteknya berjalan baik di beberapa RW (Rukun Warga) terutama di Kelurahan Sukamulya dan kelurahan-kelurahan lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan