Mohon tunggu...
Taufiq Ashari
Taufiq Ashari Mohon Tunggu... Siapa saya?

Seorang pria dengan wajah tanpa ekspresi, bercita-cita menjadi seorang wartawan namun nasib berkata lain dan akhirnya menjadi seorang karyawan biasa namun masih bisa menulis di jam kerja.

Selanjutnya

Tutup

Travel

Toilet Bersih Lambang Perhatian

28 Januari 2015   18:01 Diperbarui: 17 Juni 2015   12:13 262 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Toilet Bersih Lambang Perhatian
1422417625634834794

Tidak banyak tempat wisata yang memiliki toilet bersih, tahukah gak sih bray kalau toilet yang bersih di tempat fasilitas umum atau tempat hiburan itu melambangkan perhatian. Perhatian disini untuk para pengunjung, berarti si pemilik tempat wisata gak cuek sama kebersihan serta tempat usahanya bray. Bayangin aja kalau kita lagi enak-enaknya menikmati wahana atau tempat hiburan terus kebelet ingin Pup tapi akhirnya badmood gak jadi pup karena toiletnya jorok beuuuh sumber penyakit dimana-dimana itu apalagi kalau sampai air bersihnya sedikit. Gw pribadi punya pengalaman tersendiri soal kebersihan toilet di tempat wisata, niat gw pengen pipis malah jadi muntah karena pas klosetnya gw buka isinya limbah manusia yang gak kesiram.





Gw sendiri punya info soal ciri-ciri toilet yang patut diacungin jempol bray, gak Cuma bersih aja tapi juga harus lengkap.

1.Air



Nah ini yang paling penting bray, lu gak mau kan pipis gak cebok atau pup gak disiram?, air nya sendiri gak Cuma pas-pasan alias pas ada air pas lu pengen nyiram tapi harus banyak karena kegiatan manusia dalam buang hajat itu beda-beda dan mungkin ada yang Cuma pakai toilet untuk main air. Selain banyak juga harus bersih, menjaga kesehatan berawal dari penggunaan air yang bersih.

2.Sabun



Sabun wajib ada di toilet, untuk membersihkan tangan dan bagian tubuh lain yang terkena kotoran tapi inget, jangan digunakan untuk aktifitas diluar buang air besar atau kecil. Kagak bakalan asik kalau kita abis pup gak cuci tangan dengan sabun, so pasti kita bakal gak pede salaman sama gebetan sehabis dari toilet. Bunyi iklan sabun aja bilang, Membersihkan kotoran gak cukup Cuma pakai air.

3.Keran



Keran air harus fungsi semua bray, baik yang di wastafel maupun didalam kakus, ajegile kalau asik-asik pup terus pengen cebok gak ada air. Bisa-bisa mati kutu kita di toilet, gak ada bala bantuan yang bisa dihubungi untuk membawakan kita air. Makanya sebelum kita menggunakan toilet, pastikan keran keluar air semua, kita wajib tes selama 10 detik air tersebut masih keluar atau tidak, jangan Cuma dibuka dikit karena bisa saja itu air terakhir yang kita temui didalam toilet tersebut.

4.Tisu



Nah buat yang kamu biasa pake tisu, ini juga perlu wajib hadir, kalau gw sih gak suka pakai tisu, menurut gw malah makin kotor pakai tisu. Paduan sempurna itu cebok pakai air dan sabun, sedangkan tisu untuk mengeringkan bagian tubuh kita yang basah. Biasanya orang bule pakai tisu kalau cebok makanya mereka suka eneg makan dirumah makan Indonesia karena sering ada tisu toilet dimeja makan behahahahha...

5.Fentisalsi



Fentilasi udara sangat diperlukan, minimal toiletnya menggunakan exhaust agar aroma toilet gak Cuma disitu-situ aja dan kita bisa nyaman berada di toilet tanpa harus membungkus hidung dengan tangan atau kain. Toilet yang bau itu menandakan banyak kuman karena kuman atau bakteri itu mengeluarkan bau yang tidak sedap dan semakin bau maka akan semakin tidak sehat.

6.Wangi



Nah ini juga penting bray, gak Cuma cewek aja yang wajib wangi, toilet juga perlu wewangian biar kita nyaman berada di toilet. Bau parfum atau pembersih lantai bisa menjadi indikator bahwa si toilet ini bersih dan siap kita gunakan tanpa mencemaskan bau sisa dari pengguna sebelumnya.

7.Mudah ditemukan



Toilet itu harus mudah ditemukan, gak lucu aja kalau kita kebelet tapi harus hunting toilet yang posisinya berada di lokasi tak bertuan dan mencekam. Bisa-bisa bom nuklir meledak sebelum berada di posisinya.

8.Lantai Bersih



Ini awal dari segalanya bray, ketika kaki kita melangkah ke toilet yang lantainya kotor, maka pikiran kita toilet akan lebih busuknya dari si lantai dan itu emang bener kok. kebanyakan toilet kotor karena lantainya juga kotor dan kalau lantai toiletnya selalu bersih berarti si penjaga toilet memang rajin bekerja sesuai perintah, gw sih gak merasa rugi kalau harus disuruh bayar 2000 perak buat pipis, sebagai ungkapan terima kasih kepada mas-mas penjaga yang telah berkorban membersihkan toilet.

Sudah selayaknya tempat wisata atau hiburan memperhatikan toiletnya karena semua manusia membutuhkan tempat untuk membuang kotoran dan itu sudah menjadi kewajiban serta tanggung jawab pengelola menjadikan toilet bersih sehat, nyaman dan juga aman. Ada beberapa tempat wisata yang memang gw suka toiletnya karena nyaman dan juga wangi, contohnya Dunia Fantasi Ancol, Ecopark atau ecovention dan beberapa tempat wisata swasta lainnya. Oh iya, gw paling gak suka urinair yang menggunakan teknologi infrared, entah kenapa sering banget urinair infrarednya bermasalah khususnya di lokasi bioskop sehingga air nya tidak keluar dan hanya keluar saat gw kelar menggunakannya, jiah gw gak cebok. Lebih baik menggunakan tombol manual yang pasti akan keluar disaat kita butuh.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x